Pengembangan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ektrakulikuler Muhadhoroh di Pondok Modern MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung

Nanisanti, Nor Nas Kurnia (2014) Pengembangan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ektrakulikuler Muhadhoroh di Pondok Modern MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
sampul depan dll.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Karakter Religius, Kegiatan Ektrakulikuler, dan Muhadhoroh Penelitian ini berangkat dari tujuan Sistem Pendidikan Nasional, dimana pendidikan nasional tidak hanya diarahkan untuk melahirkan generasi cerdas, akan tetapi juga melahirkan generasi yang memiliki kepribadian yang religius dan berkarakter. Turunnya moralitas para remaja, salah satunya disebabkan oleh kurangnya penanaman dan praktek nilai-nilai religius yang tertanam dalam jiwa mereka. Kegiatan ektrakulikuler di sekolah, sebagai salah satu kegiatan non-kurikulum, ternyata memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter siswa. Kegiatan ektrakulikuler dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dan juga memperkuat kompetensi dan pengalaman belajar siswa di luar jam sekolah. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ektrakulikuler muhadhoroh di Pondok Modern MTs Darul Hikmah?; (2) Apa Karakter Religius siswa yang dikembangkan melalui kegiatan ektrakulikuler muhadhoroh di Pondok Modern MTs Darul Hikmah?; (3) Apa kendala yang dihadapi dalam pengembangan Karakter Religius siswa melalui kegiatan ektrakulikuler muhadhoroh di Pondok Modern MTs Darul Hikmah dan solusinya? Penelitian tentang “Pengembangan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ektrakulikuler Muhadhoroh di Pondok Modern MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini bertujuan untuk mengkaji secara deskriptif tentang (1) Pelaksanaan kegiatan Ektrakulikuler muhadhoroh di Pondok Modern MTs Darul hikmah; (2) Karakter religius yang dikembangkan melalui kegiatan ektrakulikuler Muhadhoroh di Pondok Modern MTs Darul Hikmah; (3) Kendala yang di dihadapi dalam pengembangan karakter religius siswa melalui kegiatan ektrakulikuler muhadhoroh di Pondok Modern MTs Darul Hikmah dan solusinya? Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan desain diskriftif kualitatif, sehingga kehadiran peneliti di lapangan sangat penting dan di perlukan secara optimal. Lokasi penelitian ini dilakukan peneliti di Pondok Modern MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Adapun data yang peneliti paparkan berasal dari pembimbing kegiatan muhadhoroh, xvii pengurus Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM), siswa-siswi Pondok Modern MTs Darul Hikmah dan pihak-pihak lain yang membantu. Prosedur pengumpulan data yang peneliti pakai adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan secara mendalam yang tidak berstuktur, namun sebelumnya peneliti menyiapkan pertanyaan-pertanyaan pokok untuk membantu wawancara. Hasil dari penelitian ini diperolah penemuan-penemuan sebagai berikut: (1) Kegiatan ektrakulikuler muhadhoroh dilaksanakan pada hari kamis dan minggu, dari jam 20.00 sampai 21.30. kegiatan ini wajib di ikuti oleh semua siswa karena muhadhoroh merupakan inti dari semua kegiatan ekstrakurikuler; (2) Karakter religius yang dikembangkan melalui kegiatan ektrakulikuler muhadhoroh di MTs Darul Hikmah ada tujuh karakter antara lain, Silaturahim, Al-Ukhuwah, Amanah, dan Iffah atau ta’afuf.(3) Kendala yang dihadapi dalam pengembangan karakter religius siswa melalui kegiatan ketrakulikuler muhadhoroh pada umumnya terjadi karena kurangnya komunikasi terkait pemilihan tema atau isu-isu terkini antara pengurus sekolah, OPPM, dan ketua kelompok. Maka, solusi yang harus dilakukan adalah memperkuat koordinasi dan menetapkan kerangka tema dan isu-isu aktual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Oct 2014 02:33
Last Modified: 30 Oct 2014 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item