Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) Sunan Gunung Jati Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010)

Habibie, Sukron (2010) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) Sunan Gunung Jati Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010). [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (417kB)
[img] Text
cover - abstrak.doc

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (55kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi tentang kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, karena guru merupakan sosok yang memiliki posisi strategis dalam proses pembelajaran. Sehingga keberhasilan sebuah pendidikan sebagian besar ditentukan oleh faktor guru. Posisi yang strategis dimiliki guru dalam pendidikan, maka untuk meningkatkatkan mutu pendidikan Pemerintah menerbitkan Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang pada dasarnya merupakan kebijakan pemerintah yang didalamnya memuat usaha pemerintah untuk menata dan memperbaiki mutu guru di Indonesia, yaitu dengan menekankan kepada setiap guru untuk memiliki kompetensi dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. Focus permasalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMAI Sunan Gunung Jati Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimakah teknik evaluasi Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SMAI Sunan Gunung Jati Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? Dalam hal penelitian ini bertujuan untu; (1) Untuk mengetahui Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam di SMAI Sunan Gunung Jati Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui teknik evaluasi Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SMAI Sunan Gunung Jati Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah yang bersangkutan atau instansi lain yang terkait untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan prestasi belajar melalui peningkatan kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluaisi pembelajaran. Agar melalui hasil penelitian ini, guru mampu meningkatkan kompetensinya dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang hal itu akan berdampak pada meningkatnya prestasi siswa, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar bermanfaat bagi petunjuk, arahan, maupun acuan serta bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya yang relevan atau sesuai dengan hasil penelitian. Metode penelitaian: penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berisikan: (1) Pola / jenis penelitian (2) Lokasi penelitian (3) Kehadiran peneliti (4) Prosedur pengumpulan data (5) Teknik analisa data (6) Pengecekan keabsahan data. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu salah satu strategi dan metode analisis data kualitatif yang menekankan pada kasus-kasus khusus yang terjadi pada objek analisis. Hasil penelitian; (1) Kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMAI Sunan Gunung Jati pada dasarnya sebagian besar secara akademik sudah memenuhi standart kompetensi, yaitu rata-rata minimal sudah Strata Satu (S1) dan juga sudah memenuhi standart kompetensi sebagaimana yang tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia pasal 10 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. (2) Agar proses belajar mengajar bisa berjalan secara maksimal dan bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan, maka guru mengadakan evaluasi pembelajaran sebagai umpan balik bagi guru dari prosesbelajar mengajar yang telah dilaksanakan. Adapun dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang diterapkan di SMAI Sunan Gunung Jati ini teknik yang digunakan guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran adalah dengan menggunakan teknik tes, yaitu tes tulis, tes lisan, dan tes perbuatan, yang mempunyai fungsi tes formatif, tes sumatif, dan tes diagnostik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Feb 2015 01:37
Last Modified: 06 Feb 2015 01:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item