PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 01 NGUNUT TULUNGAGUNG MATERI SPLDV

ARINA QONWAUL ANFI, 17204153281 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 01 NGUNUT TULUNGAGUNG MATERI SPLDV. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (611kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “pengaruh model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS ) menggunakan peta konsep terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut” ditulis oleh Arina Qonwaul Anfi, NIM. 17204153281 penelitian ini Latar belakangi oleh kurangnya minat dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran guru harus bisa menciptakan model pembelajaran yang menyenangkan. Seorang siswa akan lebih mudah menerima materi yang diajarkan oleh guru jika mereka merasakan kesenangan melalui variasi pembelajaran. Salah satu variasi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi yaitu model pembelajaran kooperatif yang mengutamakan kerjasama di antara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini di spesifikasikan ke model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dimana para siswa mengeksplorasi pengetahuan dengan pasangannya dan mempresentasikan hasil kerjanya.diharapkan model pembelajaran ini dapat memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan latar belakang diatas maka penelitian ini mengambil judul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share menggunakan Peta Konsep terhadap Minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut materi SPLDV. Tujuan penelitian : (1) untuk mengetaui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share ( TPS ) menggunakan peta konsep terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut. (2) untuk mengetahui adanya pengaruh kooperatif Think-Pair-Share ( TPS ) menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut.(3) untuk mengetahui adanya pengaruh kooperatif Think-Pair-Share ( TPS ) menggunakan peta konsep terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah quasi experimental dan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut yang berjumlah 349, dengan sampel sebanyak 64 siawa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) angket, (2) tes dan (3) dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji MANOVA. Hasil penelitian : (1) adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share ( TPS ) menggunakan peta konsep terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut. Terbukti dengan nilai signifikan 0,001 < 0,5 dengan rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 99,69, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata minat belajar siswa sebesar 91,26. (2) adanya pengaruh kooperatif Think-Pair-Share ( TPS ) menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut. Terbukti dengan nilai signifikan 0,006 < 0,5 dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar . 76,41, sedangkan rata-rata nilai hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 63,44. (3) adanya pengaruh kooperatif Think-Pair-Share ( TPS ) menggunakan peta konsep terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 01 Ngunut. Terbukti dari analisis uji MANOVA diperoleh tabel Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’ Largest Root.x memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153281 ARINA QONWAUL ANFI
Date Deposited: 16 May 2019 06:24
Last Modified: 16 May 2019 06:24
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11379

Actions (login required)

View Item View Item