PENGARUH SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

AQMARINA NUR DIANI, 17205153351 (2019) PENGARUH SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (360kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (580kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (830kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (205kB)

Abstract

Aqmarina Nur Diani, 17205153351, Pengaruh Siklus Belajar 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN 1 Kedungwaru Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Siklus Belajar 5E, Hasil Belajar Kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dalam ranah kognitif siswa karena dalam proses pembelajaran guru cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa lebih cepat bosan dalam pembelajaran dan mempengaruhi hasil belajar yang diharapkan. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Siklus Belajar 5E untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh siklus belajar 5E terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V di SDN 1 Kedungwaru Tulungagung?, (2) Seberapa besarkah pengaruh siklus belajar 5E terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V di SDN 1 Kedungwaru Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh siklus belajar 5E terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V di SDN 1 Kedungwaru Tulungagung., (2) Untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh siklus belajar 5E terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V di SDN 1 Kedungwaru Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian semu, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Kedungwaru, sampel yang diambil adalah siswa kelas V-A dan V-B SDN 1 Kedungwaru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t hasil belajar kognitif diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05. Apabila Sig. (2-tailed) > 0,05, maka H_0 diterima dan H_a ditolak dan jika Sig. (2-tailed) < 0,05, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Dari hasil perhitungan uji independent sampel t-test, diperoleh nilai Sig. sebesar 0,001. Nilai Sig. < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_aditerima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Siklus Belajar 5E terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V di SDN 1 Kedungwaru Tulungagung. (2) Besar pengaruh yang ditunjukkan nilai Spooled = 0,870 dalam inteprestasi Cohen’s sebesar 79% artinya besar pengaruh tergolong tinggi Siklus Belajar 5E terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V di SDN 1 Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153351 Aqmarina Nur Diani
Date Deposited: 15 May 2019 03:06
Last Modified: 15 May 2019 03:06
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11337

Actions (login required)

View Item View Item