PERANAN PRODUKSI TANAMAN TEBU TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Kanigoro, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri)

Mohamad Rifai, 1742143173 (2019) PERANAN PRODUKSI TANAMAN TEBU TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Kanigoro, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peranan Produksi Tanaman Tebu terhadap Peningkatan Kesejahteraaan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam Studi Kasus di Desa Kanigoro, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri”, penelitian ini ditulis oleh Mohamad Rifai, NIM. 1742143173, dan pembimbing Dr. Qomarul Huda. Kesejahteraan masyarakat merupakan unsur yang sangat penting bagi tolak ukur pertumbuhan ekonomi, dan salah satu upaya untuk mencapai kesejahteraan tersebut yaitu dengan mengembangkan kearifan pertanian lokal. Karena Indonesia merupakan salah satu negara agraris terbesar di dunia. Dan ini menunjukkan pertanian memegang peran penting dari keseluruhan perekonomian nasional. Di wilayah Jawa Timur sendiri khususnya Kabupaten Kediri Kecamatan Kras Desa Kanigoro mayotitas penduduknya berprofesi sebagai petani tebu. Salah satunya karena keadaan tanah yang sesuai. Upaya produksi tanaman tebu ini supaya mencapai maslahah harus mengaplikasikan nilai-nilai Islam. Seperti; khilafah, adil dan jujur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi pada tanaman tebu di desa Kanigoro dan untuk mengetahui peran produksi tanamn tebu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Kanigoro dalam ekonomi Islam. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jumlah informan yang saya gunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 informan yang terdiri dari; pemilik tanah, penyewa tanah, pekerja dan pembeli.. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik perpanjangan keabsahan temuan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Setelah data diperoleh dari lapangan atau tempat penelitian diperlukan reduksi data yang bertujuan untuk menyaring data kasar yang diperoleh dari lapangan, setelah data disaring kemudian data di di sajikan dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa proses produksi pada tanaman tebu di desa Kanigoro terdiri dari 2 faktor; pertama tangible (teknik-teknik secara fisik) seperti tanah, tenaga kerja, bibit, pupuk serta teknologi dapat digunakan dalam proses produksi yang akan menghasilkan output yang maksimal. Kedua, Itangible (Konsep Produksi dalam Relasi Sosial) pola hubungan sosial pada masyarakat desa Kanigoro dalam relasi produksi sangat efesien, karena dari usaha tebu tersebut perputaran ekonomi masyarakat menjadi terbantu. Kemudian peran produksi tanaman tebu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Kanigoro dengan memberikan efek dengan lapangan pekerjaan yang beragam, Di tinjau secara perspektif ekonomi Islam, usaha tebu ini sudah sesuai dengan nilai nilai ekonomi Islam dalam produksi. Karena setiap orang harus memperoleh sumber-sumber daya itu dengan cara adil, memenuhi akad (dalam transaksi), jujur, mendorong ukhuwah dan pembayaran upah tepat waktu dan layak. Kata kunci: produksi, kesejahteraan dan ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143173 Mohamad Rifai
Date Deposited: 15 May 2019 03:04
Last Modified: 15 May 2019 03:04
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11331

Actions (login required)

View Item View Item