PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS X DI SMK ISLAM 1 DURENAN

INNEKE NURFADHILAH, 17201153326 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS X DI SMK ISLAM 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadist Kelas X di SMK Islam 1 Durenan”, ini ditulis oleh Inneke Nurfadhilah, NIM 17201153326, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen pembimbing Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag Kata Kunci : Model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy), Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi adanya model pembelajaran pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits masih bersifat umum dan kurangnya aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga kurang memberikan sumbangan yang maksimal terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru perlu mempersiapkan pendekatan yang dapat menumbuhkan aktivitas siswa dan membangkitkan minat sehingga hasil belajar dapat meningkat. Pendekatan tersebut adalah model pembelajaran SAVI yaitu siswa diberikan kesempatan untuk belajar Somatis, belajar Auditori, belajar Visual dan Intelektual. Proses pembelajarannya dengan menggunakan dan menggabungkan seluruh indra. Jadi dapat memberikan suatu kesan yang menarik dan bermakna bagi diri siswa dan hasil belajar akan bertahan lebih lama. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas X di SMK Islam 1 Durenan? (2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap hasil belajar aspek afektif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas X di SMK Islam 1 Durenan? (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap hasil belajar aspek psikomotorik siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas X di SMK Islam 1 Durenan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu Quasy Eksperimen Desaign. Sampel penelitian seluruh siswa kelas X APK berjumlah 53 anak terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berbentuk soal pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur aspek kognitif siswa, likert scale menggunakan teknik penilaian diri digunakan untuk mengukur kemampuan afektif siswa, dan rating scale digunakan untuk mengetahui hasil belajar pada kemampuan psikomotorik siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas kemudian dilakukan uji normalitas, homogenitas dan melakukan uji T (uji hipotesis). Hasil penelitian ini diporoleh (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa, di buktikan dalam uji-t (thitung 4,930 > ttabel 2,009). Memiliki pengaruh dengan kriteria interprestasi tergolong besar dengan nilai d= 1,360. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar aspek afektif siswa, di buktikan dalam uji-t (thitung 4,661 > ttabel 2,009). Memiliki pengaruh dengan kriteria interprestasi tergolong besar dengan nilai d= 1,286. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar aspek psikomotorik siswa dibuktikan dalam uji-t (thitung 5,561 > ttabel 2,009). Memiliki pengaruh dengan kriteria interprestasi tergolong besar dengan nilai d= 1,535. Dari kesimpulan tersebut, peneliti mengajukan saran sebagai berikut: (1) sebagai bahan masukan kepada kepala SMK Islam 1 Durenan untuk dijadikan upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, (2) bagi guru sebagai pengalaman untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits dengan menggunakan model pembelajaran SAVI, (3) Bagi Peneliti selanjutnya, perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel terikat yang lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153326 INNEKE NURFADHILAH
Date Deposited: 17 May 2019 06:18
Last Modified: 17 May 2019 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11304

Actions (login required)

View Item View Item