PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMP ISLAM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

GALIH SUJATMIKO, 1724143101 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMP ISLAM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (890kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (134kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Improve Terhadap kemampuan komunikasi Matematika dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Islam Tanen Rejotangan Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Galih Sujatmiko, NIM 1724143101, dibimbing oleh Miswanto, M.Pd Kata kunci: Model Pembelajaran Improve, Komunikasi Matematika, Hasil Belajar Pengembangan model pembelajaran yang bervariasi dapat menarik minat siswa untuk belajar matematika yang dianggap suatu pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Improve. Pembelajaran Improve terfokus pada pemahaman masalah, mengembangkan hubunganantara pengetahuan yang lalu dan sekarang, menggunakan strategi penyelesaian masalah yang matematis serta memfokuskan proses dalam solusi. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran improve terhadap kemampuan komunikasi matematika dan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk menegtahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran Improve terhadap kemampuan komunikasi matematika kelas VIII SMP Islam Tanen Rejotangan pada materi sistem persamaan linear dua variabel, 2) untuk menegtahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran Improve terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Tanen Rejotangan pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasy eksperimen design, dimana kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional sedangkan kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Improve. Metode pengambilan data dengan menggunakan metode angket, tes, dan dokumentasi, angket digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan komunikasi matematika siswa SMP Islam Tanan Rejotangan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa SMP Islam Tanan Rejotangan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel sarana dan prasarana pendidikan, dan dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukan (1) Ada pengaruh model pembelajaran Improve terhadap kemampuan komunikasi matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Islam Tanen Rejotangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan oleh nilai-nilai = 2,289 dan pada taraf signifikansi 5%. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Improve terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Islam Tanen Rejotangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukan oleh nilai-nilai dan pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143101 GALIH SUJATMIKO
Date Deposited: 14 May 2019 04:13
Last Modified: 14 May 2019 04:13
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11302

Actions (login required)

View Item View Item