PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DIPADU MEDIA WORD SQUARE TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MAN 1 TULUNGAGUNG

ALIYAH ATIFAH, 17208153011 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DIPADU MEDIA WORD SQUARE TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadu Media Word Square terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Materi Sistem Pernapasan di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Aliyah Atifah, Jurusan Tadris Biologi, NIM. 17208153011, dibimbing oleh Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: TPS, Word Square, hasil, motivasi belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran biologi. Hal tersebut jika dibiarkan dapat mengakibatkan rendahnya hasil dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa maka peneliti menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadu media Word Square. Dimana media tersebut dalam bentuk LKS. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadu media Word Square terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi sistem pernapasan di MAN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadu media Word Square terhadap motivasi belajar siswa kelas XI materi sistem pernapasan di MAN 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadu media Word Square terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas XI materi sistem pernapasan di MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan menurut sifat masalahnya termasuk penelitian eksperimen. Eksperimen yang digunakan yaitu Quasi experiment dengan menggunakan jenis penelitian Nonequivalent control group design. Populasinya adalah siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Tulungagung, dengan teknik sampling jenis Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket dan observasi. Analisis data menggunakan uji MANOVA melalui bantuan aplikasi SPSS 16.0 for Windows Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran TPS dipadu media Word Square terhadap hasil belajar, dengan dan taraf . (2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran TPS dipadu media Word Square berpengaruh terhadap motivasi belajar, dengan dan taraf . (3) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran TPS dipadu media Word Square terhadap hasil dan motivasi belajar, dengan dan nilai taraf , artinya semua nilai F dan nilai sig. untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root adalah signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran TPS dipadu media Word Square dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA materi sistem pernapasan di MAN 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153011 ALIYAH ATIFAH
Date Deposited: 15 May 2019 02:23
Last Modified: 15 May 2019 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11296

Actions (login required)

View Item View Item