PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KAJIAN KITAB KUNING SISWA DI SMP AL-HIKMAH MELATHEN PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KAJIAN KITAB KUNING SISWA DI SMP HIKMAH MELATHEN KAUMAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

NUR FARICHA HIDAYATI, 1 72011 53236 (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KAJIAN KITAB KUNING SISWA DI SMP AL-HIKMAH MELATHEN PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KAJIAN KITAB KUNING SISWA DI SMP HIKMAH MELATHEN KAUMAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Kajian Kitab Kuning Siswa di SMP Al- Hikmah Melathen Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019”, ini ditulis oleh Nur Faricha Hidayati, NIM. 17201153236. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Muh. Basuni, M.Pd, NIP. 19780312 200312 1 001. Kata kunci: Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Kajian Kitab Kuning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena merosotnya prestasi mata pelajaran kajian kitab kuning. Dimana siswa kurang memperhatikan hal tersebut karena dianggapnya bahwa belajar kitab kuning itu susah dan lama. Dalam hal ini peneliti mencari pengaruh antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kajian kitab kuning siswa di SMP Al-Hikmah Melathen Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar kajian kitab kuning siswa di SMP Al Hikmah Melathen Kauman Tulungagung? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar kajian kitab kuning siswa di SMP Al-Hikmah Melathen Kauman Tulungagung? (3) Adakah pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar kajian kitab kuning siswa di SMP Al-Hikmah Melathen Kauman Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kajian kitab kuning siswa di SMP Al-Hikmah Melathen Kauman Tulungagung dan seberapa signifikan pengaruh tersebut. Agar tujuan penelitian bisa tercapai maka dalam penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Dengan populasi siswa di SMP Al-Hikmah Melathen Kauman Tulungagung tahun ajaran 2018/2019, yang terdiri dari 172 siswa. Dengan teknik sampling proportional stratified random sampling diperoleh sampel: 51 siswa. Variabel bebas: gaya belajar dan motivasi belajar. Variabel terikat: prestasi belajar kajian kitab kuning. Sumber data: responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket. Teknik analisis data: uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas, uji linieritas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar kajian kitab kuning siswa di SMP Al-HikmahMelathen Kauman Tulungagung, hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikan 0,05 nilai thitung (3,867) > ttabel (2,012). (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar kajian kitab kuning siswa di SMP Al-Hikmah Melathen Kauman Tulungagung, hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikan 0,05 nilai thitung (4,060) > ttabel (2,012). (3) terdapat pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar kajian kitab kuning siswa di SMP Al-Hikmah Melathen Kauman Tulungagung, hal ini ditunjukkan dengan taraf signifikan 0,05 nilai Fhitung (13,136) > Ftabel (3,19).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1 72011 53236 NUR FARICHA HIDAYATI
Date Deposited: 15 May 2019 03:10
Last Modified: 15 May 2019 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11287

Actions (login required)

View Item View Item