Analisis Pemahaman Siswa Tunagrahita dengan Penggunaan Pendekatan Quantum Teaching Pada Materi Penjumlahan SLB Bhakti Pemuda Kediri

INGGAR LARAS PUTRI, 17204153046 (2019) Analisis Pemahaman Siswa Tunagrahita dengan Penggunaan Pendekatan Quantum Teaching Pada Materi Penjumlahan SLB Bhakti Pemuda Kediri. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (637kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (204kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Siswa Tunagrahita dengan Penggunaan Pendekatan Quantum Teaching Pada Materi Penjumlahan SLB Bhakti Pemuda Kediri” ini ditulis oleh Inggar Laras Putri, NIM 17204153046, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci: Pemahaman, Quantum Teaching, Tunagrahita. Konteks penelitian pada penelitian ini adalah untuk mengamati kegiatan siswa pada saat penerapan pendekatan Quantum Teaching, dan untuk menganalisis pemahaman siswa apabila dalam suatu pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Quantum Teaching. Penelitian ini dilaksanakan karena belum pernah ada penelitian mengenai analisis pendekatan Quantum Teaching pada SLB Bhakti Pemuda Kediri. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Quantum Teaching di SLB Bhakti Pemuda Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan pemahaman siswa tunagrahita rombel latih kelas IV SLB Bhakti Pemuda Kediri dengan penggunaan Quantum Teaching dalam memahami materi penjumlahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara. Observasi dilakukan selama dua kali yaitu pada saat penerapan pendekatan Quantum Teaching dan setelah pemberian tugas. Tes tertulis terdiri dari 5 soal dan dikerjakan oleh 7 subjek kelas IV SLB Bhakti Pemuda Kediri. Wawancara dilaksanakan pada 1 subjek. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SLB Bhakti Pemuda Kediri. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan pendekatan Quantum Teaching menemukan bahwa pada siswa yang mulanya pasif didalam pembelajaran seperti tidak memperhatikan penjelasan peneliti, menjadi lebih aktif setelah dilaksanakannya pembelajaran menggunakan Quantum Teaching. (2) Pemahaman siswa tunagrahita dengan pendekatan Quantum Teaching pada materi penjumlahan berdasarkan jawaban siswa mendapatkan data bahwa 5 siswa mampu sampai tingkatan mengekstrapolasi dengan baik, dan 2 siswa hanya pada tingkatan menafsirkan. Penjelasan tersebut memiliki arti bahwa sebagian besar siswa memahami penjelasan dengan menggunakan pendekatan Quantum Teaching, dan sebagian kecil masih kesulitan dalam menerima penjelasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153046 Inggar Laras Putri
Date Deposited: 16 May 2019 07:30
Last Modified: 16 May 2019 07:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item View Item