PERAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI MI ALHIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MOHAMMAD NURIL HUDA, 17205153170 (2019) PERAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI MI ALHIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
Bab I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik di MI AL Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Mohammad Nuril Huda, NIM 17205153170, pembimbing Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kebijakan Sekolah Guru dalam melaksanakan pembelajaran haruslah memiliki kompetensi sehingga pendidikan dapat maju. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah kompetensi pedagogik, yaitu kompetensi dalam mengelola pembelajaran siswa yang meliputi pemahaman terhadap siswa, perancangan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan mengembangkan siswa untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki. Dalam pengajarannya guru tidak boleh melupakan berbagai aspek dalam mengajar. Sehingga diperlukannya kompetensi pedagogik dalam menyusun rancangan pembelajaran, terutama dalam pembelajaran tematik yang mana saat ini pada jenjang SD/MI telah melaksankan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran tematik di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung?, (2) Bagaimana pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran Tematik di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung?, dan (3) Bagaimana hasil dan evaluasi dari pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam proses pembelajaran tematik?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran Tematik di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran Tematik di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan hasil dan evaluasi dari pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam proses pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan studi kasus yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/ lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dan data bersifat pernyataan serta digali serinci mungkin. Teknik pengumpulan data nya berupa observasi, interview, maupun dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga komponen yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification. Uji keabsahan data direncanakan uji kredibilitas data dalam bentuk perpanjangan pengamatan, triangulasi dan uji confirmability (obyektivitas). Tahap-tahap penelitian ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan penelitian dan tahap penulisan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah berupaya dalam menerapkan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran tematik sebagaimana semestinya dengan ketentuan yang berlaku pada kurikulum yang ada. Pada Perencanaan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran tematik terdapat berbagai model yang digunakan dalam menunjang pembelajaran, yakni sebagai berikut : a) Diikutkan Pelatihan Dan Pembinaan, 2) Supervisi, 3) Diskusi Dengan Sesama Guru, 4) Kedisiplinan, dan 5) Motivasi. Pada pelaksanaan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran tematik hendaklah memiliki penguasaan pada : 1) Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan (kemampuan mengelola pembelajaran), 2) Pemahaman terhadap peserta didik, 3) Perancangan pembelajaran, 4) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, 5) Pemanfaatan teknologi pembelajaran, 6) evaluasi hasil belajar, 7) Pengembangan siswa. Hasil penerapan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran tematik dapat dilihat dari prestasi yang dicapai baik akademik maupun non akademiknya serta antusiasnya dan keaktifan siswa dalam keseharian di sekolah. Dalam penerapan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran tematik terdapat dua faktor yang mempengaruhi yakni faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya meliputi : Faktor Guru, dukungan dari kepala sekolah, dukungan sesama guru, faktor sarana dan prasarana, murid atau peserta didik,wali murid, faktor masyarakat dan lingkungan. Serta faktor penghambat meliputi : Faktor personal, faktor ekonomis dan faktor wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153170 MOHAMMAD NURIL HUDA
Date Deposited: 22 May 2019 02:36
Last Modified: 22 May 2019 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11275

Actions (login required)

View Item View Item