PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

EVA A’IMA NUR HAFIDZOH, 17204153235 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III..pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB IV..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (956kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (891kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Minat dan Hasil Belajar Pada Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini di tulis oleh Eva A’ima Nur Hafidzoh, dibimbing oleh Ibu Musrikah, M. Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Creative Problem Solving, Minat, Hasil Belajar, Teorema Pythagoras. Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya kemampuan keterampilan pemecahan masalah oleh peserta didik. Hal tersebut berakibat pada minatbelajar peserta didik yang semakin menurun, dengan semakin rendahnya minat belajar maka berakibat hasil belajar yang rendah.Pembelajaran kreatif berkontribusi besar dalam dunia pendidikan, terlebih pada pembelajaran matematika. Untuk dapat menciptakan peserta didik yang berkualitas perlu adanya varian dalam model pembelajaran. Berangkat dari masalah tersebut, peneliti ingin meneliti adakah Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap minat dan hasil belajar pada materi Teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (3) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 356 siswa. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap minat belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung, ditunjukkan dengan nilai pada taraf signifikansi . (2) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung, ditunjukkan dengan nilai ) pada taraf signifikansi . (3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri1 Ngunut Tulungagung, ditunjukkan dengan nilai pada taraf signifikansi Dengan demikian , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Minat dan Hasil Belajar Pada Materi Teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153235 EVA A’IMA NUR HAFIDZOH
Date Deposited: 17 May 2019 07:36
Last Modified: 17 May 2019 07:36
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11264

Actions (login required)

View Item View Item