PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT (PENGUATAN) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI PERBANDINGAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BLITAR

FARICHA FITRIANA MALIK, 17204153260 (2019) PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT (PENGUATAN) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI PERBANDINGAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (688kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (646kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (823kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Positive Reinforcement (Penguatan) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Perbandingan Kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar” ditulis oleh Faricha Fitriana Malik, NIM. 17204153260, Pembimbing: Musrikah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Positive reinforcement (penguatan), motivasi, hasil belajar, dan perbandingan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang guru yaitu dapat memberikan penguatan. Pemberian penguatan ini tentunya untuk meningkatkan perhatian siswa pada suatu mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah 1) Terdapat pengaruh pemberian positive reinforcement (penguatan) terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas VII materi perbandingan MTsN 2 Kota Blitar, 2) Terdapat pengaruh pemberian positive reinforcement (penguatan) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII materi perbandingan MTsN 2 Kota Blitar dan 3) Terdapat pengaruh pemberian positive reinforcement (penguatan) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII materi perbandingan MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini mengarah pada quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Kota Blitar sebanyak 364 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulakan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh positive reinforcement (penguatan) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII materi perbandingan di MTsN 2 Kota Blitar. Hal ini terlihat dari nilai signifikasi 0,000<0,005, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H_1 diterima. 2) Ada pengaruh positive reinforcement (penguatan) terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi perbandingan di MTsN 2 Kota Blitar. Hal ini terlihat dari nilai signifikasi 0,001<0,005, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H_1 diterima.. 3) Ada pengaruh positive reinforcement (penguatan) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII materi perbandingan di MTsN 2 Kota Blitar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis multivariate tests dengan nilai signifikansi untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace dan Roy's Largest Root = 0,000 ˂ 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153260 Faricha Fitriana Malik
Date Deposited: 14 May 2019 06:54
Last Modified: 14 May 2019 06:54
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item