KREATIVITAS GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NURUL LAILATUL NIKMAH, 17205153026 (2019) KREATIVITAS GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Al Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Nurul Lailatul Nikmah, NIM. 17205153026, pembimbing Dr. H. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci: kreativitas guru, kesulitan belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa seiring berkembangnya zaman, ternyata masih banyak peserta didik yang mengalami ketertinggalan dalam mencapai tujuan pembelajaran karena mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dialami tersebut diantaranya dalam hal membaca dan menulis arab serta lamban dalam menerima materi (slowlearner). Dari masalah tersebut sangat dibutuhkan kreativitas seorang guru guna mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. Kreativitas guru diharapkan mampu menjadikan pembelajaran yang efektif dan efisien. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru Al Qur’an Hadits dalam menggunakan sumber belajar untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung?; (2) Bagaimana upaya guru Al Qur’an Hadits dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung?; (3) Bagaimana upaya guru Al Qur’an Hadits dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar, mengembangkan metode belajar, dan memanfaatkan media pembelajaran guna mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian: (1) Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik meliputi kesulitan menulis arab, membaca arab, menalar, dan lamban dalam belajar (slowlearner). Guru sebagai fasilitator mampu memberikan contoh dan menyampaikan materi dengan baik. Selain itu, guru juga mampu menggunakan material lain selain LKS dalam menyampaikan pembelajaran yakni Al Qur’an dan Juz Amma. Guru juga mengajak ke masjid ataupun tetap di kelas saat pembelajaran tergantung kebutuhan.; (2) Guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan metode drill dalam pembelajaran guna melatih kebiasaan kepada peserta didik untuk mengikuti bacaan guru dan menjadi pendengar yang baik khususnya bagi yang mengalami kesulitan membaca arab, namun sebelum mengikuti bacaan guru, peserta didik diberi instruksi untuk relax, memejamkan mata, dan konsentrasi.; (3) Guru menggunakan media yang sederhana, mudah didapat, ekonomis, dan menarik seperti potongan kertas warna warni, selain itu guru juga mampu menggunakan media audio-visual sehingga pembelajaran tidak monoton menggunakan papan tulis saja

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153026 NURUL LAILATUL NIKMAH
Date Deposited: 13 May 2019 06:20
Last Modified: 13 May 2019 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item View Item