PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

HILDA SALAFI MUFIDA, 17205153244 (2019) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Mi Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung”. Ditulis oleh Hilda Salafi Mufida NIM: 17205153244, dibimbing oleh Nany Soengkono Madayani, SS, M.Pd Kata kunci: Metode Bermain Peran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dimana pembelajaran masih berpusat pada guru. Dengan metode pembelajaran tersebut peserta didik menjadi kurang mandiri dan pasif. Metode pembelajaran yang kurang variatif menyebabkan peserta didik kurang tertantang dalam mengikuti proses pembelajaran. Inovasi pembelajaran dengan variasi yang cocok sesuai dengan kebutuhan peserta didik diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Menyikapi hal tersebut, peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Adakah pengaruh metode bermain peran terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? 2). Adakah pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? 3). Adakah pengaruh metode bermain peran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap motivasi siswa pada pembelajaran IPS di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung 2). Untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung 3). Untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas atas MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V-A dan V-B yaitu 43 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Uji t angket motivasi diperoleh nilai thitung= 2,666 dan Sig(2-tailed)=0,011<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap motivasi belajar MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. 2). Hasil uji t post test diperoleh thitung= 3,067 dan Sig(2-tailed)=0,004<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap hasil belajar IPS MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, 3). Hasil uji manova angket motivasi dan post test diperoleh nilai ke-empat value (sig) < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05, sehingga hasilnya ada pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153244 HILDA SALAFI MUFIDA
Date Deposited: 13 May 2019 04:51
Last Modified: 13 May 2019 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11225

Actions (login required)

View Item View Item