KELAYAKAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS V SD/MI TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KURIKULUM 2013 TERBITAN TAHUN 2017

EKA PUTRI NINGTYAS, 17205153241 (2019) KELAYAKAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS V SD/MI TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KURIKULUM 2013 TERBITAN TAHUN 2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (352kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)

Abstract

Eka Putri Ningtyas, 17205153241, Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Kelas V SD/MI Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kurikulum 2013 Tahun 2017. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Mochamad Arif Faizin M.Ag Analisis ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu dalam penyusunan buku teks selain itu buku teks sebagai bahan ajar utama. Oleh karena itu diperlukan analisis buku teks kurikulum 2013. Terdapat beberapa penerbit yang mengeluarkan buku sejenis dengan tema yang sama dan banyak digunakan oleh siswa sehingga dibutuhkan analisis isi apakah buku dari ketiga penerbit tersebut layak digunakan atau tidak. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi spiritual yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ?, (2) Bagaimanakah kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi sosial yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ?, (3) Bagaimanakah kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi pengetahuan yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi spiritual yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), (2) Untuk mendiskripsikan kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi sosial yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), (3) Untuk mendiskripsikan kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi pengetahuan yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penulisan yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan check list. Teknik analisi datanya menggunakan cara mendiskripsikan isi atau materi dan memberikan catatan. Hasil analisis penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kelayakan pada dimensi spiritual untuk Terbitan Kemendikbud Tahun 2017 adalah 37,5% atau tidak layak, terbitan Erlangga Tahun 2017 adalah 43,74% atau tidak layak dan terbitan Platinum Tahun 2017 adalah 62,5% atau layak , (2) Kelayakan pada dimensi sosial untuk terbitan Kemendikbud Tahun 2017 adalah 43,75% atau tidak layak, terbitan Erlangga Tahun 2017 adalah 31,25% atau tidak layak dan terbitan Platinum Tahun 2017 adalah 62,5% atau layak, (3) Kelayakan pada dimensi pengetahuan untuk terbitan Kemendikbud Tahun 2017 adalah 76,4% atau layak, terbitan Erlangga Tahun 2017 adalah 82,5% atau sangat layak dan terbitan Platinum Tahun 2017 adalah 86,25% atau sangat layak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada analisis buku teks siswa yang paling memenuhi standar dari ketiga penerbit yang ada adalah buku dari terbitan Platinum Tahun 2017. Kata Kunci: Kelayakan Isi, Buku Tematik, Kurikulum 2013

Item Type: Skripsi
Subjects: Buku
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153241 Eka Putri Ningtyas
Date Deposited: 13 May 2019 03:19
Last Modified: 30 Mar 2020 09:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11218

Actions (login required)

View Item View Item