STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA WISATA EDUKASI KAMPUNG COKLAT BLITAR

LIKA YUNI LESTARI, 17402153371 (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA WISATA EDUKASI KAMPUNG COKLAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (230kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Menghadapi Persaingan Bisnis pada Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar” ini ditulis oleh Lika Yuni Lestari, NIM. 17402153371, dengan dosen pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi yang ada di tempat wisata dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi kreatif guna menghadapi persaingan bisnis. Maka industri pariwisata perlu memperhatikan pengembangan potensi pariwisata yaitu Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar yang menggunakan strategi pengembangan potensi pariwisata dengan pendekatan perencanaan terdiri dari strategi industri, strategi destinasi, strategi pemasaran, dan strategi kelembagaan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengembangan potensi pariwisata berbasis ekonomi kreatif dalam menghadapi persaingan bisnis pada Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan potensi pariwisata berbasis ekonomi kreatif dalam menghadapi persaingan bisnis pada Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar, 3) Bagaimana strategi menghadapi persaingan bisnis pada Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan potensi pariwisata berbasis ekonomi kreatif dalam menghadapi persaingan bisnis pada Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan potensi pariwisata berbasis ekonomi kreatif dalam menghadapi persaingan bisnis pada Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar, serta mendeskripsikan strategi menghadapi persaingan bisnis pada Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi yang dilakukan Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar dalam pengembangan potensi pariwisata meliputi strategi industri yaitu hasil produk, strategi destinasi yaitu wisata edukasi, strategi pemasaran melalui media sosial, dan strategi kelembagaan memberikan pengetahuan dan pelatihan. 2) Faktor pendukungnya terletak pada pengembangan berbagai macam produk, mengadakan inovasi, strategi pemasaran melalui media sosial, dan strategi kelembagaan membangun sumber daya manusia. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pengemasan produk kurang optimal, lahannya kurang luas, menyalahgunakan media sosial, dan kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas. 3) Strategi menghadapi persaingan bisnis yaitu menonjolkan keunikan, branding kuat, kepuasan pelanggan, mendengarkan suara pelanggan, membuat organisasi kerja, bersahabat dengan lingkungan, mengembangkan jaringan, mengenali risiko, dan memanfaatkan teknologi. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata, Wisata Edukasi, Ekonomi Kreatif, Persaingan Bisnis, Kampung Coklat

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153371 LIKA YUNI LESTARI
Date Deposited: 13 May 2019 03:23
Last Modified: 13 May 2019 03:23
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11160

Actions (login required)

View Item View Item