NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERPEN “POHON KERAMAT” KARYA YUS R. ISMAIL BAHAN AJAR KELAS IX MTsN 5 KEDIRI

DWI ERNAWATI, 17210153022 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERPEN “POHON KERAMAT” KARYA YUS R. ISMAIL BAHAN AJAR KELAS IX MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (966kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerpen “Pohon Keramat” Karya Yus R. Ismail Bahan Ajar Kelas IX MTsN 5 Kediri” ini ditulis oleh Dwi Ernawati. 2019. NIM: 17210153022, pembimbing Nany Soengkono Madayani, SS., M.Pd. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan dalam cerpen “Pohon Keramat” karya Yus R. Ismail? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan dalam cerpen Pohon Keramat karya Yus R. Ismail yang digunakan sebagai bahan ajar kelas IX. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah cerpen yang berjudul “Pohon Keramat” karya Yus R. Ismail dalam Buku Siswa Kelas 9 Bahasa Indonesia revisi 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil analisis menemukan empat jenis nilai pendidikan yaitu: 1) nilai pendidikan religius yang menggambarkan adanya keimanan, selalu berharap kepada Tuhan, dan ketakwaan, 2) nilai pendidikan moral yang menggambarkan baik-buruknya tingkah laku berupa menjaga lingkungan, menerima perubahan zaman, bergotong royong, menghormati pendapat orang lain dan menundukkan kepala saat melewati orang yang lebuh tua, 3) nilai pendidikan sosial yang menggambarkan hubungan sosial tokoh satu dengan lainnya seperti menghargai jasa seseorang, kebersamaan, mampu bersosialisasi dengan orang lain, dan 4) nilai pendidikan budaya yang menggambarkan kebiasaan atau cerita-cerita sejarah seperti kepercayaan terhadap hal magis dan mengadakan pesta panen raya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: SKRIPSI 17210153022 Dwi Ernawati
Date Deposited: 10 May 2019 07:37
Last Modified: 30 Mar 2020 06:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11113

Actions (login required)

View Item View Item