Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Pada Pelajaran Matematika Materi Pemfaktoran Aljabar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2012/2013

Lovwantina, Tropica Ari Yuda (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Pada Pelajaran Matematika Materi Pemfaktoran Aljabar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2012/2013. [ Skripsi ]

[img] Text
xi xii ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (77kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (22kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, numbered heads together (NHT), hasil belajar, matematika Fenomena pembelajaran saat ini, siswa kurang berani mengajukan pertanyaan, siswa masih kesulitan saat mengerjakan soal mengenai materi pokok pemfaktoran aljabar, sebagian siswa tidak menyelesaikan tugas yang diberikan dengan tepat, dan presentasi siswa yang yang mencapai ketuntasan hanya 50%. Dalam pembelajaran matematika, ada beberapa model pembelajaran kooperatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan membuat siswa aktif. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Dengan numbered heads together, siswa dibimbing untuk mencari jawaban dari suatu permasalahan materi yang dipelajarinya melalui diskusi kelompok aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada pokok bahasan pemfaktoran aljabar siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung?, 2). Apakah model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar pokok bahasan pemfaktoran aljabar pada siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bandung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran numbered heads together pada pokok bahasan pemfaktoran aljabar pada siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bandung, 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung dengan model numbered heads together pada pokok bahasan pemfaktoran aljabar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang didesain dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaan tindakan PTK ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together memberikan banyak kontribusi diantaranya siswa menjadi terlatih untuk mencari jawaban dari setiap permasalahan secara aktif dan bertanggung jawab, dan siswa terlatih bekerjasama dalam kelompok serta dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. 2) peningkatan hasil belajar siswa cukup memuaskan tiap siklusnya. Hal tersebut dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 65 yang berada pada kriteria cukup, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 82,71 dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 17,71. Berdasarkan hasil tes akhir pada siklus II ini tidak diperlukan pengulangan siklus karena sebanyak 79,16% siswa dinyatakan tuntas dengan rata-rata skor tes akhir. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 29 Oct 2014 03:45
Last Modified: 29 Oct 2014 03:45
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item