HUBUNGAN KREATIVITAS GURU MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG

ENI WIDYAWATI, 17201153521 (2019) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Kreativitas Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Prestasi Belajar Siswa di MTs Sultan Agung Jabal Sari Tulungagung” ini ditulis oleh Eni Widyawati, NIM. 17201153521 dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag Kata kunci: Kreativitas, Metode, Media, Prestasi belajar SKI, Siswa MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas guru dalam penggunaan metode dan media pembelajaran karena dirasa penting dalam proses pembelajaran. Masih banyak guru dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang variatif dan kurang memanfaatkan fasilitas media pembelajaran yang ada. Dalam hal ini peneliti menghubungkan dengan masalah prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah hubungan yang positif antara kreativitas guru mata pelajaran SKI dalam penggunaan metode pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. 2) Adakah hubungan yang positif antara kreativitas guru mata pelajaran SKI dalam penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. 3) Adakah hubungan yang positif antara kreativitas guru mata pelajaran SKI dengan prestasi belajar siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan kreativitas guru mata pelajaran SKI dengan prestasi belajar siwa di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 131 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 30% dari anggota populasi yang dijadikan sampel yaitu 39 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi, sedangkan untuk validitas penelitian, menggunakan uji validitas dan reabilitas. Dalam analisisnya peneliti menggunakan bantuan SPSS 16.0 dengan uji korelasi dan regresi berganda. Berdasarkan hasil perhitungan data dengan uji korelasi yaitu dengan membandingkan r-hitung dan r-tabel menunjukkan bahwa r-hitung > r-tabel (0,820 > 0,308), sehingga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru mata pelajaran SKI dalam penggunaan metode pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. Sedangkan untuk variabel X2 diperoleh r-hitung > rtabel (0,797 > 0,308), sehingga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru mata pelajaran SKI dalam penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153521 ENI WIDYAWATI
Date Deposited: 10 May 2019 07:25
Last Modified: 10 May 2019 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11098

Actions (login required)

View Item View Item