PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG

RANI PUJI ASTUTIK, 17208153009 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (869kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (650kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (320kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Tema Pencemaran Lingkungan Pada Peserta Didik Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang” yang ditulis oleh Rani Puji Astutik, NIM. 17208153009 dan dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata kunci: Think Pair Share (TPS), Motivasi, Hasil Belajar Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) termasuk mata pelajaran yang kompleks, karena didalamnya tercakup seluruh makhluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan). Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit. Dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) banyak sekali hal-hal yang harus di amati dan harus di hafalkan. Sehingga mengubah asumsi bahwa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pelajaran yang membosankan karena terlalu banyak hafalan serta materi sulit dipahami. Salah satu cara dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) sebagai model pembelajaran yang dapat mejadikan peserta didik aktif, kreatif, menyenangkan, dan dapat meningkatkan motivasi peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang ? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang ? Adapun yang menjadi tujuanpenelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang. (2)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu serta menggunakan metode observasi dan tes yang berupa post test dalam memperoleh data motivasi dan hasil belajar peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas VII C sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Mata pelajaran yang diteliti adalah IPA dengan materi pencemaran lingkungan. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada motivasi dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 83,94 dan kelas kontrol sebesar 68,09. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 84,44 dan kelas kontrol 79,56. Hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa harga F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memiliki nilai Sig. 0,000 dimana Sig. 0,000 < 0,005 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153009 RANI PUJI ASTUTIK
Date Deposited: 14 May 2019 06:49
Last Modified: 14 May 2019 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11090

Actions (login required)

View Item View Item