PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI PSM KEBONAGUNG GURAH KEDIRI

FEBY AZIZATURROSIDA, 17205153301 (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MI PSM KEBONAGUNG GURAH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan soaial Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MI PSM Kebonagung Gurah Kediri” ini ditulis oleh Feby Azizaturrosida, NIM. 17205153301, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Germino Wahyu Broto, M.Si., NIP. 198003012014031001. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, dan Hasil Belajar Penelitian ini memenuhi latar belakang kecerdasan emosional (Emotional Intelligence) merupakan sebuah istilah yang relatif baru, yang di populerkan oleh Daniel Goleman berdasarkan hasil penelitian tentang neurolog dan psikolog yang berkesimpulan bahwa setiap manusia memiliki dua potensi pikiran, yaitu pikiran rasional dan pikiran emosional. Sementara yang delapan puluh persen sangat tergantung pada, kecerdasan Sosial, dan kecerdasan Spiritual. Mengapa demikian? Seseorang yang mempunyai kecerdasan sosial yang baik akan mempunyai banyak teman, pandai berkomunikasi, mudah beradaptasi dalam sebuah lingkungan sosial, dan hidupnya bisa bermanfaat tidak hanya untuk drinya sendiri tetapi juga bagi orang lain. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar di MI PSM Kebonagung Gurah Kediri tahun ajaran 2018/2019 ? 2) Adakah pengaruh kecerdasan sosial terhadap hasil belajar di MI PSM Kebonagung Gurah Kediri tahun ajaran 2018/2019? 3) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial secara bersama terhadap hasil belajar di MI PSM Kebonagung Gurah Kediri tahun ajaran 2018/2019 ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk memaparkan pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik di MI PSM Kebonagung Gurah Kediri tahun ajaran 2018/2019. 2) Untuk memaparkan pengaruh kecerdasan sosial terhadap hasil belajar peserta didik di MI PSM Kebonagung Gurah Kediri tahun ajaran 2018/2019. 3) Untuk memaparkankan pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial secara bersama-sama terhadap hasil belajar di MI PSM Kebonagung Gurah Kediri tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MI PSM Kebonagung Gurah Kediri. Menggunakan Purposive Sampling, dengan 2 kelas sebagai kelas sampel, yaitu kelas 5 dan 6. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan penilaian, observasi, serta dokumentasi. Penilaian digunakan untuk memperoleh data tentang kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial peserta didik MI PSM Kebonagung Gurah Kediri yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar peserta didik, jumlah populasi, tata letak bangunan madrasah, serta foto-foto penelitian. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Pada rumusan masalah satu diperoleh nilai thitung = 2,403 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan ttabel = 1,681, pada taraf signifikansi 5%. Dengan hasil thitung > ttabel, yang berarti kecerdasan emosional mempengaruhi nilai hasil belajar peserta didik. Pada rumusan masalah kedua diperoleh thitung (2,423) > ttabel (1,681), pada taraf signifikan 5%. Sehingga thitung > ttabel, yang berarti kecerdasa soaial mempengaruhi nilai hasil belajar. Pada rumusan ketiga diperoleh nilai Fhitung = 10, 264 dan Ftabel = 3,21 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga Fhitung > Ftabel, dan artinya ada pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik MI PSM Kebonagung Gurah Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 17205153301 Feby Azizaturrosida
Date Deposited: 10 May 2019 06:52
Last Modified: 30 Mar 2020 13:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11089

Actions (login required)

View Item View Item