PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES AND TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI

SILVY FAHIMA, 17205153236 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES AND TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games And Tournament (TGT) Terhadap Prestasi Belajar Sains Siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari” Ini ditulis oleh Silvy Fahima, NIM 17205153236, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dita Hendriani, MA. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT), Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses belajar mengajar yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, menghafal materi dan kemudian disuruh mengerjakan tugas. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus maka siswa akan bosan mengikuti kegiatan pembelajaran Sains. Sehingga mengakibatkan prestasi belajar Sains rendah. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah (1) apakah model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) itu? (2) adakah pengaruh model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar Sains siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari? (3) bagaimana perbedaan prestasi belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran TGT?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT). (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar Sains siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari. (3) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran TGT. Penelitian ini merupakan Quasi Experimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi berasal dari seluruh siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari dan sampelnya adalah siswa kelas IV. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar sains siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Hal ini dibuktikan dari adanya hasil nilai post-test kelas kontrol dan post-test kelas eksperimen menunjukkan (3,597 > 2,101) serta membandingkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol adalah 59,60 dan rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 74,60. Dengan begitu, hasil Uji t menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar Sains siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153236 SILVY FAHIMA
Date Deposited: 10 May 2019 03:00
Last Modified: 10 May 2019 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11076

Actions (login required)

View Item View Item