STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT,INFAK DAN SHODAQOH DALAM BUSINESS MODEL CANVAS DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN TULUNGAGUNG

ELIFATUZ ZUHRO, 17103153007 (2019) STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT,INFAK DAN SHODAQOH DALAM BUSINESS MODEL CANVAS DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (345kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (499kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Fundraising Zakat, Infak dan Shodaqoh dalam Business Model Canvas (Studi Kasus di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Elifatuz Zuhro, NIM. 17103153007, pembimbing Ahmad Budiman, S.H.I. M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum maksimalnya penghimpunan zakat di wilayah tulungagung dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pentingnya zakat dan masih banyak kekurangan dari lembaga dalam melakukan kegiatan penghimpunan dan masih membutuhkan suatu perencanaan yang testruktur dengan baik dan terencana dengan tujuan supaya perencanaan dalam proses penghimpunan dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti akan mendeskipsikan strategi Fundraising zakat, infak dan shodaqoh dalam business model canvas di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara langsung dari informan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Strategi fundraising sangat penting bagi lembaga Zakat karena untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam mengelola dana zakat, infak dan shodaqoh supaya penghimpunan yang dilakukan sesuai dengan rencana pada RAKERDA(Rapat Kerja Daerah) Penghimpunan zakat, infak dan shodaqoh tersebut dijabarkan dalam model Business Model Canvas adalah yang mencakup sembilan elemen BMC; Muzaki yang membayarkan zakatnya ke BAZNAS mencakup muzaki individu yang didominasi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN). BAZNAS memberikan kartu bagi muzaki yang disebut Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ), Layanan elektronik berupa Muzaki Corner dan Sistem Informasi BAZNAS (SIMBA). Layanan muzaki pada BAZNAS juga menerima muzaki untuk melakukan konsultasi mengenai zakat.Dana zakat yang telah terkumpul meupakan dana amanah yang diperuntukkan kepada yang berhak menerimanya, sehingga pengelolaannya sesuai dengan ketentuan syariah. Strategi pengimpunan yang dilakukan juga meliputi peningkatan kerjasama BAZNAS dengan lembaga pemetintah dan lembaga pendidikan. Kata Kunci: Strategi, Fundraising, Zakat, Infak, Shodaqoh, Busines Model Canvas, Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 17103153007 Elifatuz Zuhro
Date Deposited: 13 May 2019 02:16
Last Modified: 30 Mar 2020 09:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11074

Actions (login required)

View Item View Item