ANALISIS PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL WARUJAYENG NGANJUK DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

EVI ROHMATUL LAILI, 17402153128 (2019) ANALISIS PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL WARUJAYENG NGANJUK DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (237kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (386kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Warujayeng Nganjuk Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam” ini ditulis oleh Evi Rohmatul Laili, NIM. 17402153128, pembimbing Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Untuk sumber data menggunakan sumber data primer dengan teknik analisis deskriptif. Pasar tempat dimana adanya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Di tempat ini pula, pasar digunakan pedagang untuk menawarkan barang dagangannya kepada pembeli. Barang-barang yang dijual pun juga harus memberikan manfaat kepada pembeli sehingga tidak adanya kecurangan. Perilaku ini, sering terjadi karena para pedagang belum bisa menerapkan etika jual beli yang dibenarkan agama Islam. Maka dari itu, peneliti mengangkat permasalahan tersebut mengenai perilaku pedagang menurut etika bisnis islam yang berada di pasar tradisional Warujayeng Nganjuk. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pemahaman pedagang pasar tradisional Warujayeng Nganjuk tentang Etika Bisnis Islam adalah para pedagang telah memahami mengenai barang-barang yang dilarang untuk diperjual belikan; Tindakan pedagang dalam menjual barangnya dengan cara tidak jujur; Selain untuk ibadah, berdagang digunakan sebagai sarana untuk bekerja; Berdagang dimanfaatkan pedagang untuk menambah relasi kerja; Dalam berjualan, berdagang digunakan sebagai sarana ibadah. 2) FaktorFaktor yang membentuk perilaku pedagang meliputi adanya keramahan; Persaingan antar pedagang; Cara pedagang dalam menawarkan barangnya kepada calon pembeli; Ketidakjujuran dalam kualitas barang dagangan. 3) Perilaku pedagang pasar tradisional Warujayeng Nganjuk menurut Etika Bisnis Islam adalah Prinsip Ketauhidan; Prinsip Keseimbangan; Prinsip Kehendak Bebas; Prinsip tanggung Jawab. Kata Kunci : perilaku, pedagang, pasar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153128 EVI ROHMATUL LAILI
Date Deposited: 10 May 2019 02:18
Last Modified: 10 May 2019 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11069

Actions (login required)

View Item View Item