Pengaruh Modal Usaha, Strategi Pemasaran, dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Perikanan di Kabupaten Tulungagung

LUTFI MEYSA ADINING PAMUNGKAS, 17402153069 (2019) Pengaruh Modal Usaha, Strategi Pemasaran, dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Perikanan di Kabupaten Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (15MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Modal Usaha, Strategi Pemasaran, dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Perikanan di Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfi Meysa A. P, NIM 17402153069, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), IAIN Tulungagung dengan pembimbing Hj. Amalia Nuril Hidayati, M.Sy. Penelitian ini di latar belakangi oleh Sektor UMKM yang dapatmemberikan konstribusi yang tak kalah penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia.Dalam menjalankan sebuah usaha, faktor pendukung yang dibutuhkan adalah modal,strategi dalam pemasaran produknya serta karakter yang ada pada wirausahawan tersebut. Kurangnya pengetahuan dalam menentukan segmen-segmen pasar dan bauran pemasaran membuat para pelaku UMKM sulit untuk mengembangkan usahanya. Karakter wirausahaan juga berperan penting untuk meningkatkan pengembangan dari usahanya tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah modal usaha berpengaruh signifikan terhadap pengembangan usaha UMKM perikanan di Kabupaten Tulungagung? (2) Apakah strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap pengembangan usaha UMKM perikanan di Kabupaten Tulungagung? (3) Apakah karakteristik wirausaha berpengaruh signifikan terhadap pengembangan usaha UMKM perikanan di Kabupaten Tulungagung? (4) Apakah modal usaha, strategi pemasaran dan karakteristik wirausaha berpengaruh secara simultan terhadap pengembangan usaha UMKM perikanan di Kabupaten Tulungagung?. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan pengumpulan data adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan jumlah sampel sebanyak 78 responden Analisis data yang digunakan meliputi: uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas), uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F), serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha, variabel strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha, dan variabel karakteristik wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha. Selanjutnyamelalui uji F dapat diketahui bahwa secara simultan pada ketiga variabel yaitu modal usaha, strategi pemasaran dan karakteristik wirausaha terhadap pengembangan usaha, maka hasilnya menunjukkan bahwa ketiga variabel secara simultan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha UMKM perikanan di Kabupaten Tulungagung. Kata Kunci: Modal Usaha, Strategi Pemasaran, Karakteristik Wirausaha, dan Pengembangan Usaha.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153082 Febby Indriani
Date Deposited: 10 May 2019 07:07
Last Modified: 10 May 2019 07:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11054

Actions (login required)

View Item View Item