PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PEMASARAN PRODUK DI MEDIA SOSIAL PADA TOKO HM ISTANA BUSANA MUSLIM KABUPATEN BLITAR

Evi Puji Astuti, 17402153331 (2019) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PEMASARAN PRODUK DI MEDIA SOSIAL PADA TOKO HM ISTANA BUSANA MUSLIM KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (605kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

ABSTRAK Evi Puji Astuti, 17402153331. “Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pemsaran produk di Media Soaial pada Toko HM Istana Busana Muslim Kabupaten Blitar”. Jurusan Ekonomi Syariah, IAIN Tulungagung 2019. Pembimbing Lantip Susilowati, S.Pd., M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya usaha-usaha yang berbasis syariah namun belum menerapkan usaha yang sesuai dengan syariat Islam. Bisnis yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan saja, namun lebih mengutamakan kepentingan konsumen, lebih mengedepankan kejujuran, amanah, serta kualitas dari produk itu sendiri. Tujuannya untuk membangun budaya bisnis yang sehat, idealnya dimulai dari perumusan etika yang akan digunakan sebagai norma perilaku sebelum aturan (hukum) perilaku dibuat dan dilaksanakan, atau aturan (norma) etika tersebut diwujudkan dalam bentuk aturan hukum. Sebagai kontrol terhadap individu pelaku dalam bisnis yaitu melalui penerapan kebiasan atau budaya moral sebagai inti kekuatan suatu perusahaan dengan mengutamakan kejujuran, bertanggung jawab, disiplin, dan berperilaku tanpa diskriminasi Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, pengambilan lokasi penelitian yang dipilih adalah Toko HM Istana Busana Muslim Jalan Maluku No 02 Ds. Kuningan RT 001 RW 004 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar (Muka Aula Yonif 511 Kota Blitar). Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif dengan prosedur yaitu melalui proses pengumpulan data, sumber data, analisis data, dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan etika bisnis Islam dalam pemasaran produk di media sosial sudah cukup menerapkan etika bisnis Islam dengan baik, dimulai dari selalu lebih mengedepankan sikap jujur, amanah dan fokus pada kualitas produk itu sendiri. 2) Cara beretika pemasaran produk di media sosial harus benar-benar mendriskripsikan produk yang di posting mulai dari warna, harga serta ukuran dengan tujuan memberikan informasi pada calon konsumen. 3) Hambatan dan Kendala yang dihadapi yakni mendapat complain dari konsumen karena produk yang di jual tidak sesuai pada gambar, padahal dari pihak toko sudah benar-benar mendiskripsikan produk yang telah di posting. 4) Solusi dari hambatan dan kendala tersebut untuk lebih berhati-hati lagi untuk meriview suatu produk mulai dari warna, harga, ukuran dan mengingatkan kembali kepada konsumen sebelum membeli untuk membaca keterangan dari posting foto tersebut. Kata Kunci : Etika Bisnis, Pemasaran Produk, Media Sosial

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153331 Evi Puji Astuti
Date Deposited: 10 May 2019 02:10
Last Modified: 10 May 2019 02:10
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/11023

Actions (login required)

View Item View Item