PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

vivi kurnia sari, 17205153016 (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MI Nurul ISLAM Mirigambar Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Vivi Kurnia Sari, NIM.17205153016. Jurusan Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN Tulungagung), yang dibimbing oleh Dr Chusnul Chotimah, M.Ag NIP. 19751211200212201 Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perhatian orang tua yang meliputi pemberian bimbingan dalam mengerjakan PR, pengawasan orang tua dalam belajar di sekolah, pemberian penghargaan pada anak, pemberian fasilitas belajar) dalam menunjang motivasi belajar anak. Orang tua yang menginginkan anaknya memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar dituntut untuk memperhatikan segala kebutuhan anak dalam bentuk material ataupun non material. Berkaitan dengan motivasi belajar anak, maka tidak bias terlepas dari factor yang mempengaruhinya. Baik factor dari dalam ataupun dari luar . Dalam hal ini factor yang peneliti ungkap adalah factor extern atau factor dari luar yaitu orang tua. Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara pemberian bimbingan dalam mengerjakan PR terhadap motivasi belajar peserta didik MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara pengawasan orang tua dalam belajar di sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara pemberian penghargaan pada anak terhadap motivasi belajar peserta didik MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung, Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara pemberian fasilitas belajar terhadap motivasi belajar peserta didik MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Untuk mengetahui pengaruh antara keempatnya terhadap motivasi belajar peserta didik. Pendektan yang dipilih dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jen is penelitian yang dipakai adalah korelasional. Populasi : Seluruh peserts didik MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Sampel: peserta didik kelas V-VI MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 35 peserta didik dengan teknik pengambila sampel probability sampling sampel dengan jenis sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: analisis data deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linier itas, uji homogenitas, regresi linier sederhana dan uji linier berganda dengan bantuan progam SPSS 16.0 of Windows. Hasil penelitian yaitu: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian bimbingan belajar mengerjakan PR (X 1 ) terhadap motivasi belajar peserta didik MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung 2. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan t tabel untuk variabel pengawasan orang tua dalam belajar di xxi sekolah adalah 0,000. dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilititas (0,000< 0,05) dan nilai t hitung = 8.378> ttabel = 2,042 berarti H 0 ditolak. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengawasan orang tua dalam belajar di sekolah (X 2 ) terhadap motivasi belajar peserta didik MI Nur ul Islam Mirigambar Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan t tabel untuk variabel pengawasan orang tua dalam belajar di sekolah adalah 0,000. dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilititas (0,000< 0,05) dan nilai t hitung = 8.378> ttabel = 2,042. Berarti H0 ditolak. (3) Ada pengaruh pemberian penghargaan pada anak (X 3 ) terhadap motivasi belajar peserta didik MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan ttabel untuk variabel pemberian penghargaan pada anak adalah 0,000. dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas (0,000< 0,05) dan nilai t hitung = 5.988> ttabel = 2,042. Bararti H 0 ditolak. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penyediakan fasilitas belajar (X 4 ) terhadap motivasi belajar peserta didik MI Nurul Islam Mirigambar Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan ttabel untuk variabel pemberian penghargaan pada anak adalah 0,000. dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilititas (0,000< 0,05) dan nilai t hitung = 8.009> ttabel = 2,042. Bararti H0 ditolak. (5) Ada pengaruh yang positif dan signifian perhatian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p value/signifiansi F untuk variabel perhatian orang tua (X 1, X 2, X 3, X 4 ) adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probibilitas 0,05 (0,000<0,05) dan nilai Fhitung = 571.713> Ftabel = 2,68. Berarti H 0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153016 VIVI KURNIA SARI
Date Deposited: 09 May 2019 07:30
Last Modified: 09 May 2019 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11004

Actions (login required)

View Item View Item