Penerapan metode drill sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar anak didik kelas III matematika di MIN GEDOG Kota blitar

Afandi, Haris (2012) Penerapan metode drill sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar anak didik kelas III matematika di MIN GEDOG Kota blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
bab 1.docx

Download (40kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (79kB)
[img] Text
bab 3.docx

Download (81kB)
[img] Text
bab 4.docx

Download (78kB)
[img] Text
bab 5.docx

Download (30kB)
[img] Text
COVER DALAM.docx

Download (43kB)
[img] Text
COVER DEPAN.doc

Download (100kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (30kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Metode, Drill, Hasil Belajar Suatu lembaga pendidikan akan dapat bersaing secara kompetitif apabila dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas anak didik terlepas seperti apapun latar belakang anak didiknya. Karena itu Guru dituntut menguasai metode pembelajaran yang beragam dengan tujuan agar bisa memilih metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi anak didik yang dihadapi. Fenomena yang terjadi di MIN GEDOG Kota Blitar, ada beberapa hambatan, hambatan yang paling signifikan yaitu hasil belajar anak didik yang kurang memuaskan (kebanyakan anak didik memperoleh nilai 60 ke bawah) dan anak didik terlalu lama dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Menyikapi permasalahan tersebut, maka perlu diterapkan metode yang lebih tepat. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep metode pembelajaran aktif yang ditawarkan. Metode pembelajaran aktif nampaknya merupakan salah satu jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di MIN GEDOG Kota Blitar. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode drill pada pembelajaran ini, diharapkan hasil belajar anak didik terus meningkat, sebab pada metode ini keaktifan anak didik lebih diutamakan. Fokus penelitian ini ialah: 1)Bagaimanakah proses perencanaan pembelajaran dengan menerapkan metode drill dalam upaya meningkatkan prestasi belajar perkalian pada mata pelajaran Matematika kelas III MIN GEDOG Kota Blitar? 2) Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar perkalian pada mata pelajaran Matematika kelas III MIN GEDOG Kota Blitar? 3) Bagaimana proses mengevaluasi pembelajaran dengan menerapkan metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar perkalian pada mata pelajaran Matematika anak didik kelas III MIN GEDOG Kota Blitar? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran dengan menerapkan metode drill dalam upaya meningkatkan hasil belajar perkalian dan pembagian pada mata pelajaran Matematika kelas III MIN GEDOG Kota Blitar, (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar perkalian dan pembagian pada mata pelajaran Matematika kelasbIII MIN GEDOG Kota Blitar, (3) Mendeskripsikan proses peningkatkan hasil belajar perkalian dan pembagian pada mata pelajaran Matematika anak didik kelas III MIN GEDOG Kota Blitar. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, pengukuran tes hasil belajar, dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil tes individual pada pre test dari 41 anak didik hanya 5 anak didik yang memperoleh nilai 91-100, dengan prosentase 12,82 %, Sedangkan pada siklus 1 dapat diketahui bahwa ada peningkatan prestasi belajar dari 41 anak didik ada 21 anak didik yang memperoleh nilai 91-100, yaitu dengan prosentase 52,5 %, Dan pada siklus 2 diperoleh data bahwa anak didik yang mendapat nilai 91-100 mencapia 64,86 %. Dari uraian diatas dapat di ketahui bahwa ada peningkatan yang cukup tinggi dari prestasi belajar anak didik menggunakan metode drill.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 06:58
Last Modified: 05 Feb 2015 06:58
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item View Item