PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERKISAH ANAK KELOMPOK B DI RA AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK

DWI WAHYUNING TIYAS, 17206153006 (2019) PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERKISAH ANAK KELOMPOK B DI RA AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berkisah Anak Kelompok B di RA Al Huda Rejowinangun Trenggalek” ini ditulis oleh Dwi Wahyuning Tiyas, NIM. 17206153006, pembimbing Dr. H. Asrof Syafi’i, M.Ag. Kata kunci: media boneka tangan, kemampuan berkisah Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berkisah dan mengingat kosa kata baru. Untuk menciptakan kemampuan yang diharapkan, maka salah satunya dengan menggunakan media boneka tangan. Media ini diharapkan dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan berkisah. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh media boneka tangan terhadap perkembangan bahasa, kecerdasan verbal linguistik, dan kemampuan berkisah anak kelompok B di RA Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkisah anak kelompok B di RA Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Kemampuan berkisah anak meliputi menjawab pertanyaan tentang isi cerita, menceritakan kembali, dan mengungkapkan pendapat tentang isi cerita. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data di peroleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji mann whitney karena data penelitian merupakan data ordinal. Dari hasil analisis uji Mann Whitney diperoleh dari hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk perkembangan bahasa nilai Sig. (0.00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari ( kelas eksperimen = 34,02, kelas kontrol = 14,98), hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk kecerdasan verbal linguistik nilai Sig. (0.00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari (kelas eksperimen = 33,29, kelas kontrol = 15,71), dan hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk kemampuan berkisah nilai Sig. (0.00 < 0,05) dan didukung rata-rata dari ( kelas eksperimen = 33,69, kelas kontrol = 15,31). Maka dapat disimpulkan dari ketiga uji rumusan masalah diatas bahwa Ha diterima, jadi terdapat pengaruh media boneka tangan terhadap kemampuan berkisah anak kelompok B di RA Al Huda Rejowinangun Trenggalek

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153006 DWI WAHYUNING TIYAS
Date Deposited: 13 May 2019 07:42
Last Modified: 13 May 2019 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10990

Actions (login required)

View Item View Item