STRATEGI PENGEMBANGAN BAURANPEMASARAN DALAM MENGATASI PERSAINGAN USAHA BUSANA MUSLIM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Akahijab Jepun Tulungagung)

HERLIA TRI SULISTYOWATI, 17402153373 (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN BAURANPEMASARAN DALAM MENGATASI PERSAINGAN USAHA BUSANA MUSLIM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Akahijab Jepun Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (456kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran Dalam Mengatasi Persaingan Usaha Busana Muslim Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Akahijab Jepun Tulungagung)” ini ditulis oleh Herlia Tri Sulistyowati, NIM. 17402153373, pembimbing bapak Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan usaha yang semakin ketat. Oleh karena itu pengusaha dituntut untuk memiliki strategi pengembangan Bauran Pemasaran agar masyarakat tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja. Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran sendiri merupakan rencana perusahaan untuk melakukan perencanaan pemasaran dengan baik. Setiap pengusaha harus melakukan pengembanganbauran pemasaran pada usahanya supaya bisnis yang dijalankan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Strategi pengembangan bauran pemasaran sendiri dilakukan sesuai perspektif ekonomi Islam dan untuk menghadapi persaingan yang ada. Persaingan dilakukan dengan cara berpedoman sesuai pada syariat islam sehingga rezeki yang diperoleh halal. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi pengembangan bauran pemasaran yang dilakukan oleh Akahijab dalam mengatasi persaingan usaha busana muslim di Kabupaten Tulungagung sesuai perspektif ekonomi Islam? (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan bauran pemasaran dalam mengatasi persaingan usaha busana muslim di Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini Akahijab dalam strategi pengembangan bauran pemasaran selalu memberikan inovasi pada produknya agar para pelanggannya tidak bosan. Dalam menjaga kualitas produk dan kualitas pelayanannya Akahijab juga sangat mementingkan kedua hal ini karena apabila kualitas produk yang dijual baik dan pelayanannya ramah pelanggan akan senang belanja di Akahijab. Harga produk yang dijual relatif murah karena prinsipnya lebih baik untung sedikit tetapi produknya cepat laku. Akahijab menciptakan produk busana muslim yang menutup aurat tetapi juga masih mengikuti trend yang ada. Tempat Akahijab sendiri berada di pusat kota Tulungagung, perumahan dan perkantoran. Dalam melakukan promosi Akahijab menggunakan media seperti website, facebook, whatsapp, dan instagram. Segala strategi yang dilakukan oleh Akahijab ini bertujuan untuk meningkatkan penj ualan produk di Akahijab Tulungagung. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Bauran Pemasaran, Persaingan, Busana Muslim, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153373 HERLIA TRI SULISTYOWATI
Date Deposited: 13 May 2019 01:22
Last Modified: 13 May 2019 01:22
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item