STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI'IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

Muhammad Sulthon Arif Jalaludin M.R, 17201153105 (2019) STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI'IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (921kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (409kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembinaan Karakter Peserta Didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Sulthon Arif Jalaludin M.R, NIM. 17201153105, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh: Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Pembinaan Karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dalam era globalisasi dimana perubahan dalam perkembangan moral peserta didik menjadi semakin pesat, maka tantangan yang dihadapi peserta didik tentunya semakin kompleks dan berat. Apabila perkembangan moral peserta didik yang bergejolak dan tidak desertai dengan bekal agama yang telah tertanam pada diri mereka serta tidak terkontrol, maka akibatnya akan berbahaya. Peran madrasah dalam pembinaan karakter sangat penting, sehingga dalam persoalan ini memerlukan sebuah terobosan dalam menginovasi strategi pembinaan karakter yang akan digunakan mengingat banyak sekali fenomena dan persoalan yang telah muncul di kalangan peserta didik. Dengan demikian pembinaan karakter serta perbaikan secara berkelanjutan harus dilakukan oleh para pendidik untuk memantau perkembangan karakter peserta didik, dengan harapan tumbuh kesadaran dalam diri peserta didik dan mereka mampu menerapkan karakter mulia dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pembinaan karakter religius peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pembinaan karakter disiplin peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (3) Bagaimana strategi pembinaan karakter peduli sosial peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan strategi pembinaan karakter religius peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan strategi pembinaan karakter disiplin peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan strategi pembinaan karakter peduli sosial peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (Triangulasi sumber, dan pembahasan teman sejawat). Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi pembinaan karakter religius peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung meliputi kebijakan madrasah dengan model struktural, internalisasi nilai religius, pembiasaan, keteladanan, dan pembudayaan. (2) Strategi pembinaan karakter disiplin peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung meliputi pembiasaan, pengarahan, pengawasan, keteladanan, dan hukuman. (3) Strategi pembinaan karakter peduli sosial peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung meliputi keteladanan, pembiasaan, 5S: Senyum, sapa, salam, sopan, dan santun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153105 Muhammad Sulthon Arif Jalaludin M.R
Date Deposited: 09 May 2019 06:58
Last Modified: 09 May 2019 06:58
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10981

Actions (login required)

View Item View Item