ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI PERDAGANGAN DI PASAR NGEMPLAK TULUNGAGUNG

Rizka Irianti Putri, 17402153305 (2019) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI PERDAGANGAN DI PASAR NGEMPLAK TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (801kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (617kB)
[img] Text
bab II .pdf

Download (817kB)
[img] Text
bab III .pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Melakukan Transaksi Perdagangan di Pasar Ngemplak Tulungagung” ini ditulis oleh Rizka Irianti Putri, NIM (17402153305) pembimbing Hj. Amalia Nuril Hidayati, SE.,M.Sy Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan etika bisnis salah satunya adalah di pasar. Pentingnya pasar sebagai wadah aktifitas tempat jual beli tidak hanya dilihat dari fungsinya secara fisik, namun aturan, dan norma yang terkait dengan masalah pasar. Dengan fungsi di atas, pasar jadi rentan dengan hal-hal yang zalim, contohnya : pengurangan takaran dari timbangan, pengoplosan barang kualitas bagus dengan kualitas buruk, pedagang yang bersifat memaksa pembeli untuk membeli barang dagangannya, selain itu ada beberapa pedagang ketika melayani pembeli tidak bersikap ramah yang ditandai dengan pelayanan dengan raut wajah yang kurang bersahabat, dimana kecurangan-kecurangan tersebut sangat bertentangan dengan etika bisnis Islami. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan etika bisnis dalam transaksi perdagangan di pasar Ngemplak Tulungagung (2) Bagaimana pemahaman pedagang mengenai etika bisnis Islam di pasar Ngemplak Tulungagung?. (3) Bagaimana penerapan etika bisnis Islam dalam melakukan transaksi perdagangan di pasar Ngemplak Tulungagung ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis Islam?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan penerapan etika bisnis dalam transaksi perdagangan di Pasar Ngemplak Tulungagung (2) menjelaskan pemahaman pedagang mengenai etika bisnis Islam di pasar Ngemplak Tulungagung. (3) menjelaskan penerapan etika bisnis Islam pada pedagang dalam melakukan transaksi perdagangan ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama para pedagang sudah menerapkan etika bisnis dengan baik kedua pemahaman pedagang di pasar Ngemplak Tulungagung mengenai etika bisnis Islam disimpulkan bahwa para pedagang tidak mengetahui etika bisnis Islam. Akan tetapi, dalam melaksanakan transaksi jual beli mereka menggunakan aturan yang telah diatur oleh agama Islam. Ketiga perilaku pedagang di pasar Ngemplak Tulungagung telah sesuai dengan etika bisnis Islam yang meliputi, tidak melupakan ibadah shalat wajib, bersedekah, mendahulukan pembeli yang sudah mengantri duluan, memberitahu spesifikasi barang yang dijual pada pembeli, memberikan pedagang lain menjual barang dagangan yang sama dan bersaing secara sehat,tidak pernah memaksa pembeli, mengganti dagangan ketika ada cacat atau rusak, memberikan tenggang waktu pelunasan hutang, melayani dengan baik dan ramah. Kata kunci: Penerapan,Etika Bisnis Islam,Pasar Ngemplak

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153305 Rizka Irianti Putri
Date Deposited: 10 May 2019 01:44
Last Modified: 10 May 2019 01:44
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10971

Actions (login required)

View Item View Item