Peningkatan penguasaan kosakata dengan menggunakan Mind Map teknik pada siswa kelas lima di MI AL MA’ARIF Gendingan Kedungwaru

Diana, Hamidah , (2012) Peningkatan penguasaan kosakata dengan menggunakan Mind Map teknik pada siswa kelas lima di MI AL MA’ARIF Gendingan Kedungwaru. [ Skripsi ]

[img] Text
1.docx

Download (34kB)
[img] Text
2.docx

Download (239kB)
[img] Text
3.docx

Download (58kB)
[img] Text
4.doc

Download (182kB)
[img] Text
5.docx

Download (31kB)
[img] Text
Bibliography.doc

Download (31kB)
[img] Text
PRE-PAGES.doc

Download (272kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Kosakata, Teknik Mind map. Belajar kosa-kata merupakan bagian yang terpenting untuk mempelajari sebuah bahasa. Penguasaan kosa-kata merupakan bagian yang mendasar untuk belajar lebih tentang bahasa inggris, karena kosa-kata berperan penting dalam mengajar bahasa inggris. Sebuah alasan untuk hal ini yaitu, semakin banyak kosa-kata yang kamu ketahui, kamu akan lebih mudah untuk memahami apa yang kamu dengar dan apa yang kamu baca. Selain itu kamu akan lenih mudah untuk mengatakan apa yang kamu inginkan pada saat berbicara maupun menulis. Di tingkat SD, siswa menghadapi beberapa masalah dalam belajar kosa-kata, hal ini terlihat setelah peneliti mengadakan wawancara dengan guru bahasa inggis di sekolah tersebut. Pertama, sulit bagi mereka untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam materi. Kedua, mereka juga masih sedikit kesulitan untuk melafalkan kata dengan benar. Dan yang ke tiga, mereka masih kesulitan untuk memahami makna dan isi suatu bacaan pendek, karena kosa-kata yang mereka kuasai masih sedikit. Oleh karena itu, guru harus dapat memilih dan menerapkan teknik yang sesuai untuk mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan masalah berikut: "Bagaimana penerapan teknik peta pikiran dapat meningkatkan pemahaman kosa-kata siswa kelas lima di sekolah MI Gendingan pada tahun akademik 2011/2012" Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosa-kata siswa. Siswa kelas lima MI Gendingan pada tahun akademik 2011/2012 dengan menggunakan teknik pemetaan pikiran. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Itu disesuaikan dari model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas lima di MI Gendingan yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 6 April 2012 sampai dengan tanggal 4 Mei 2012. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data, adalah wawancara dengan guru bahasa Inggris, lembar observasi, field note dan tes untuk menganalisis data. Data analisis dari wawancara, lembar observasi dan field note digunakan untuk mengetahui sikap siswa dan kondisi kelas sebelum dan saat penerapan teknik mind map. Data nilai siswa diperoleh dari tes kosa-kata. Test kosa-kata dilakukan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam pengusaan kosa-kata yang diambil dari test yang diberikan kepada siswa. Nilai tersebut digunakan untuk menilai siswa dalam penguasaan kosa-kata. Berdasarkan hasil dari tes, ada sebuah peningkatan yang signifikan pada hasil siswa dan sesuai dengan kriteria of sukses.Teknik ini dikatakan sukses jika memenuhi syarat dari kriteria sukses yang mencakup dua aspek yaitu, hasil dari test tersebut harus terdapat 80% siswa yang mendapat nilai bagus atau lebih dari standart yang diberikan yaitu 65. Nilai dari siswa pada siklus 2 meningkat dibandingkan dengan nilai para siswa dalam penelitian awal dan siklus 1. Pada penelitian awal, ada 12 (40%) siswa yang lulus tes, pada siklus 1 ada 19 (63%) siswa yang lulus tes, dan pada siklus 2 ada 26 (87%) siswa yang lulus tes. Faktor utama yang mempengaruhi peningkatan ini karena siswa benar-benar berminat dalam belajar menguasai kosa-kata melalui teknik mind map. Mereka lebih aktif dan memberikan respon positif selama proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini dapat dilihat pada hasil test siwa. Ada 26 (87%) siswa yang tertarik dan mendapat nilai yang bagus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik mind map dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan kosa-kata. Disamping itu, perkembangan dari pemahaman siswa dalam kosa-kata dapat ditunjukkan dari perbandingan hasil penelitian pada penelitian awal, siklus 1 dan siklus 2. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa teknik mind map dapat digunakan untuk meningkatkan pengusaan kosa-kata untuk siswa kelas lima di MI Gendingan tahun pelajaran 2011/2012. Kemudian, disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menerapkan teknik mind map sebagai sebuah alternatif teknik pada pengajaran kosa-kata. Untuk siswa, teknik mind map dapat membantu mereka untuk lebih mudah dalam menguasai kosa-kata. Selain itu bagi peneliti-peneliti lain, disarankan menggunakan hasil dari penelitian ini sebagai sebuah masukan untuk mengadakan sebuah penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan teknik yang sama, tetapi dengan bentuk penelitian yang berbeda dan subyek penelitian yang berbeda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 06:50
Last Modified: 05 Feb 2015 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item View Item