PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

INKA FRISTI NURULIA WIDIAN PUTRI, 17201153307 (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung “ ini ditulis oleh Inka Fristi Nurulia Widian Putri dengan pembimbing bapak Nuryani,M.Pd.I. Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian Guru, Kedisiplinan, Kedewasaan, Keteladan, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh keharusan seorang pendidik untuk memiliki kompetensi terutama kompetensi kepribadian guru. Di sini tugas seorang guru tidak hanya memberikan materi pelajaran saja tetapi juga memberi tauladan yang baik bagi peserta didiknya , menampilkan sikap kedewasaan yang dimilikinya, memberikan contoh kedisiplinan yang baik bagi tiap peserta didiknya. Dengan tugas yang cukup berat tersebut guru dituntut untuk memiliki ketrampilan profesional dalam menjalankan tugas pembelajaran. Dengan meningkatkan kompetensi kepribadian guru tersebut diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah serta meningkatkan akhlak yang baik bagi peserta didiknya. Rumusan maslah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (2) Adakah pengaruh sifat kedewasaan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (3) Adakah pengaruh keteladanan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs AlHuda Bandung Tulungagung? Tujuan penilitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh sifat kedewasaan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh keteladanan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah kelasVIII di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung yaitu sebanyak 150 siswa yang terbagi menjadi 6 kelas yaitu VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F. Kemudian dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling diambil sampel sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan korelasi product moment. xix Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu : dengan uji yang pertama yaitu uji regresi sederhana bahwa nilai signifikan kurang dari 0,05 pada tabel regresi sederhana dapat diketahui dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Yang kedua adalah melalui uji korelasi product moment dapat diketahui bahwa nilai T tabel yaitu 0,374 dan T hitung yaitu 0,952 . jika 0,952 > 0,374 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (2) ada pengaruh yang signifikan antara kedewasaan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu : dengan uji yang pertama yaitu uji regresi sederhana bahwa nilai signifikan kurang dari 0,05 pada tabel regresi sederhana dapat diketahui dengan nilai signifikan sebesar 0,04 yaitu 0,04 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Yang kedua adalah melalui uji korelasi product moment dapat diketahui bahwa nilai T tabel yaitu 0,374 dan T hitung yaitu 0,504 . jika 0,504 > 0,374 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. ( 3) ada pengaruh yang signifikan antara keteladanan guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs AlHuda Bandung Tulungagung. Dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu : dengan uji yang pertama yaitu uji regresi sederhana bahwa nilai signifikan kurang dari 0,05 pada tabel regresi sederhana dapat diketahui dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Yang kedua adalah melalui uji korelasi product moment dapat diketahui bahwa nilai T tabel yaitu 0,374 dan T hitung yaitu 0,891 . jika 0,891 > 0,374 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153307 INKA FRISTI NURULIA WIDIAN PUTRI
Date Deposited: 13 May 2019 04:14
Last Modified: 13 May 2019 04:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10953

Actions (login required)

View Item View Item