STRATEGI PEMASARAN BATIK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS GLOBAL DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT PADA ALYA BATIK TRENGGALEK

DHENI NURROVIKOH, 17402153326 (2019) STRATEGI PEMASARAN BATIK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS GLOBAL DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT PADA ALYA BATIK TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (916kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Produk Batik dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global dengan Pendekatan Analisis SWOT pada Alya Batik Trenggalek” ini ditulis oleh Dheni Nurrovikoh, NIM 17402153326, pembimbing Lantip Susilowati, S.Pd., M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin pesatnya perkembangan industri tekstil di seluruh dunia. Hal ini juga berimbas pada industri tekstil di Indonesia terutama industri batik yang banyak bermunculan di Indonesia, sehingga persaingan bisnis di industri ini tidak dapat dihindari. Dengan adanya persaingan ini perusahaan harus bisa menyusun strategi pemasaran dengan memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki untuk meminimalkan atau mencegah kelemahan dan ancaman yang mungkin terjadi di masa depan. Seperti pada Alya Batik Trenggalek strategi pemasaran merupakan rencana yang menyeluruh untuk mencapai tujuan perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis global. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pendekatan analisis SWOT terhadap strategi pemasaran batik dalam menghadapi persaingan bisnis global pada Alya Batik Trenggalek? (2) Bagaimana strategi pengembangan batik yang dilakukan oleh Alya Batik Trenngalek? Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam terhadap informan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan skunder. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT yang berisi kolaborasi antara faktor internal dan eksternal perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Strategi pemasaran dari hasil analisis SWOT ada empat yakni, Strategi SO : melakukan inovasi produk batik baik dari segi motif, pewarnan dan desain baju serta menonjolkan ciri khas. Meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk serta pelayanan. Memberikan potongan harga. Pemanfaatan teknologi untuk sarana promosi dan penjualan. Dengan memiliki legalitas dan Batik Mark dapat dimanfaatkan untuk mendapat kepercayaan dunia atas produk batik asli Indonesia. Strategi WO : mengikuti pelatihan dan memanfaatkan internet. Strategi ST : mengembangkan daya saing dalam berinovasi. Strategi WT : perbaikan kondisi perusahaan dan perluasan sistem pemasaran. (2) Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran 1 dimana perusahaan dapat menggunakan Strategi SO dalam mengembangkan produk batik. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Persaingan Bisnis, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153326 DHENI NURROVIKOH
Date Deposited: 09 May 2019 03:53
Last Modified: 09 May 2019 03:53
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10945

Actions (login required)

View Item View Item