Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Belanja Modal Kabupaten/ Kota Di Wilayah Jawa Timur (Perspektif Ekonomi Islam)

Putri Suci Tri Mandani, 17402153343 (2019) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Belanja Modal Kabupaten/ Kota Di Wilayah Jawa Timur (Perspektif Ekonomi Islam). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (819kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa Pendapatan Asli Daerah di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2014-2016 masih tergolong sedikit. Dari tiga puluh delapan kabupaten/ kota di Provinsi Jawa Timur hanya ada tiga kabupaten/ kota yang Pendapatan Asli Daerahnya di atas rata-rata. Hal ini mengharuskan pemerintah daerah untuk berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah secara terus-menerus. Dan Semakin besar penerimaan Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus yang merupakan sumber pendapatan daerah diharapkan dapat meningkatkan alokasi Belanja Modal di Jawa Timur. Namun, dengan semakin besarnya persentase Dana Alokasi Umum yang diterima oleh pemerintah daerah, artinya bahwa tingkat ketergantungan daerah terhadap pemerintah pusat masihlah tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Modal Kabupaten/ Kota di Wilayah Jawa Timur. (2) pengaruh Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Modal Kabupaten/ Kota di Wilayah Jawa Timur. (3) pengaruh Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Modal Kabupaten/ Kota di Wilayah Jawa Timur. (4) pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Modal Kabupaten/ Kota di Wilayah Jawa Timur secara simultan (5) variabel manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap Belanja Modal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan realisasi APBD tahun 2014-2016. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji normalitas data, uji asumsi klasik, uji regresi data panel, uji T, uji F, uji Dominan dan koefisien determinasi (R2) hasil ini diuji menggunakan Eviews-10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Modal Kabupaten/ Kota di Wilayah Jawa Timur. Sedangkan secara parsial (1) Pendapatan Asli Daerah berpengaruh positif signifikan terhadap Belanja Modal Kabupaten/ Kota di Wilayah Jawa Timur (2) Dana Alokasi Umum berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Modal Kabupaten/ Kota di Wilayah Jawa Timur (3) Sedangkan Dana Alokasi Khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Modal Kabupaten/ Kota di Wilayah Jawa Timur (4) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap belanja modal adalah Pendapatan Asli Daerah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: PUTRI 17402153343 PUTRI SUCI TRI MANDANI
Date Deposited: 09 May 2019 06:30
Last Modified: 09 May 2019 06:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10924

Actions (login required)

View Item View Item