ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINIER DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK

ERMA AYUNINGRUM, 17204153068 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINIER DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Erma Ayuningrum, NIM 17204153068, dibimbing oleh Dr. Sutopo, M. Pd. Kata Kunci : Representasi, Menyelesaikan Masalah, Program Linier Kemampuan pemecahan masalah harus dimiliki oleh setiap siswa untuk melatih agar terbiasa menghadapi berbagai permasalahan. Berdasarkan observasi di lapangan ditemukan bahwa masih banyak siswa yang sulit untuk konsentrasi saat pembelajaran di kelas dan setiap siswa memiliki cara tersendiri dalam menerima materi pelajaran dari guru. Ada beberapa siswa yang masih kesulitan dalam merumuskan model matematika dan menentukan daerah penyelesaian dari suatu sistem pertidaksamaan linier. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah Program Linier Kelas XI MAN 1 Trenggalek. (2) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah Program Linier Kelas XI MAN 1 Trenggalek. (3) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah Program Linier Kelas XI MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah MAN 1 Trenggalek dengan subyek penelitian 6 siswa berdasarkan hasil tes dan angket gaya belajar. Data yang digunakan adalah data hasil tes dan wawancara dengan subyek. Tes yang digunakan mencakup materi program linier yang berkaitan dengan nilai maksimum. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki gaya belajar visual yaitu mampu menyajikan kembali data atau informasi ke representasi grafik, mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis, mampu membuat model matematis dari masalah yang diberikan, kurang mampu menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis. (2) Kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki gaya belajar auditorial yaitu mampu menyajikan kembali data atau informasi ke representasi grafik, mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis, mampu membuat model matematis dari masalah yang diberikan, belum mampu menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis. (3) Kemampuan representasi matematis subjek yang memiliki gaya belajar kinestetik yaitu kurang mampu menyajikan kembali data atau informasi ke representasi grafik, kurang mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis, mampu membuat model matematis dari masalah yang diberikan, belum mampu menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153068 ERMA AYUNINGRUM
Date Deposited: 13 May 2019 02:43
Last Modified: 13 May 2019 02:43
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10916

Actions (login required)

View Item View Item