ANALISIS PENALARAN SISWA KELAS X MAN 3 TULUNGAGUNG PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN TEORI PIAGET TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ELLA NOFITA RATNA SARI, 17204153063 (2019) ANALISIS PENALARAN SISWA KELAS X MAN 3 TULUNGAGUNG PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN TEORI PIAGET TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (710kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (540kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ‘’Analisis Penalaran Siswa Kelas X MAN 3 Tulungagung pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Berdasarkan Teori Piaget Tahun Pelajaran 2018/2019’’ ini ditulis oleh Ella Nofita Ratna Sari, NIM 17204153063, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Analisis, Penalaran, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), Teori Piaget. Konteks penelitian Pada pembelajaran matematika, siswa selalu dihadapkan pada proses penalaran. Siswa pada umumnya masih kesulitan dalam menghadapi soal. misalnya, pada materi SPLTV. Kesalahan yang dilakukan bisa jadi karena kurangnya penalaran yang dialami oleh siswa dalam mempelajari materi tersebut. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut adalah perlu adanya teori yang mendukung pembelajaran secara tepat dan cermat. Salah satu teori perkembangan kognitif adalah teori Piaget. Teori perkembangan kognitif dan teori konstruktivisme Piaget banyak mempengaruhi dunia pendidikan, terutama pendidikan kognitif pada masa kanak-kanak sampai remaja. Fokus penelitian: (1) Bagaimana penalaran siswa kelas X pada Materi SPLTV pada siswa berkemampuan tinggi berdasarkan teori Piaget? (2) Bagaimana penalaran siswa kelas X pada Materi SPLTV pada siswa berkemampuan sedang berdasarkan teori Piaget? (3) Bagaimana penalaran siswa kelas X pada Materi SPLTV pada siswa berkemampuan rendah berdasarkan teori Piaget?. Tujuan penelitian: (1) Mengetahui penalaran siswa kelas X pada Materi SPLTV pada siswa berkemampuan tinggi berdasarkan teori Piaget. (2) Mengetahui penalaran siswa kelas X pada Materi SPLTV pada siswa berkemampuan sedang berdasarkan teori Piaget. (3) Mengetahui penalaran siswa kelas X pada Materi SPLTV pada siswa berkemampuan rendah berdasarkan teori Piaget. Metode penelitian: penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan lembar tugas siswa (tes), dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas X-MIA 3 MAN 3 Tulungagung, yang terdiri dari 2 siswa pada tiap kategori kemampuan belajar. Subjek yang dipilih akan dilakukan wawancara kemampuan siswa. Data mengenai tingkat penalaran siswa dianalisis dari hasil tes lalu dilakukan triangulasi dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan 6 subjek penelitian baik yang berkemampuan belajar tinggi, sedang, dan rendah mencapai kemapuan penalaran tahap Operasi Formal yang berbeda-beda, yakni: (1) Siswa yang beraktivitas belajar tinggi dalam menyelesaikan lembar tugas siswa (tes) dapat melakukan semua skema operasi formal yaitu proporsi, sistem referensi ganda, kesetimbangan hidrostatis, probabilitas, dua reversibilitas. (2) Siswa yang beraktivitas belajar sedang masing- masing hanya dapat melakukan dua skemaoperasi formal. (3) Siswa yang beraktivitas belajar rendah hanya mampu melakukan satu skema dalam operasi formal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153063 ELLA NOFITA RATNA SARI
Date Deposited: 13 May 2019 07:19
Last Modified: 13 May 2019 07:19
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10915

Actions (login required)

View Item View Item