PEMBINAAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG

DEWI NURUL AZIZAH, 17201153023 (2019) PEMBINAAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (991kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (366kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembinaan Religiusitas Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Dewi Nurul Azizah, NIM. 17201153023, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Pembinaan, Religiusitas. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengaruh globalisasi yang begitu cepat dengan ditandai pesatnya perkembangan IPTEK banyak membuat masyarakat termasuk peserta didik mengalami dekadensi moral dan menyuramkan masa depan peserta didik. Sehingga diperlukannya pendidikan peserta didik yang tidak hanya mengedepankan aspek kognitif saja, tetapi juga mampu menghidupkan rohani peserta didik untuk memahami agama secara benar agar menjadi benteng pertahanan anak dalam menghadapi perkembangan zaman. Pendidikan di sekolah merupakan perpanjangan tangan pendidikan dari orang tua dan mayoritas saat ini aktivitas peserta didik hampir setengah harinya dihabiskan di dalam lingkungan sekolah. Oleh karena itu, sekolah/ madrasah yang menjadi wadah strategis untuk mengembangkan potensi peserta didik harus mampu memberikan pendidikan yang optimal yaitu selain mengembangkan aspek akademik juga harus melaksanakan pembinaan keagamaan secara integral yang meliputi pembinaan ibadah maupun akhlak yang dibutuhkan peserta didik untuk menjadikan generasi tangguh yang berkarakter islami. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pembinaan perilaku ibadah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung?; (2) Bagaimana pembinaan perilaku akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung?; (3) Bagaimana implikasi pembinaan religiusitas peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung?; (4) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membina religiusitas peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pembinaan religiusitas peserta didik yang meliputi perilaku ibadah dan perilaku akhlak, implikasi dari pembinaan religiusitas terhadap peserta didik, serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembinaan religiusitas peserta didik di MTsN 2 Tulungagung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pembinaan perilaku ibadah peserta didik di MTsN 2 Tulungagung melalui dua cara, yakni melalui diajarkannya teori keilmuan dalam pembelajaran dan melalui penciptaan suasana keagamaan dengan pembiasaan praktik-praktik beribadah yang diprogramkan oleh madrasah. (2) Pembinaan perilaku akhlak peserta didik di MTsN 2 Tulungagung melalui dengan ditanamkan nilai-nilai akhlak secara teori keilmuan yang dilakukan dalam pembelajaran, melalui program pembiasaan akhlakul karimah pada karakter kedisiplinan, sopan santun, tanggung jawab, kejujuran, peduli sosial dan peduli lingkungan yang dibudayakan oleh madrasah, melalui keteladanan yang diberikan oleh pendidik, serta adanya penanganan khusus dari konselor yaitu guru wali kelas bekerja sama dengan guru Bimbingan dan Konseling untuk menangani perilaku siswa yang sulit dibina. (3) Implikasi pembinaan religiusitas peserta didik di MTsN 2 Tulungagung membantu terwujudnya peserta didik atau generasi yang berkarakter islami, yang terampil dalam beribadah dan memiliki akhlak yang mulia. (4) Faktor pendukung pembinaan religiusitas di MTsN 2 Tulungagung antara lain semua komponen di madrasah mendukung dari visi misi, tujuan, tata tertib, program madrasah yang jelas, seluruh pendidik, sarana dan prasarana yang representatif, alat-alat pendidikan, kegiatan tambahan ekstrakurikuer kitab kuning, serta latar belakang keluarga peserta didik yang baik dan sangat mendukung membina religiusitas anaknya. Sementara faktor penghambatnya mayoritas berasal dari peserta didik yang notabennya latar belakang keluarganya tidak harmonis sehingga peserta didik memiliki banyak masalah dalam dirinya dan menimbulkan perilaku yang menyimpang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153023 DEWI NURUL AZIZAH
Date Deposited: 13 May 2019 02:41
Last Modified: 13 May 2019 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10898

Actions (login required)

View Item View Item