PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK TULUNGAGUNG

EVAATUS SALAMAH, 17205153259 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MI Al- Hidayah 02 Betak Tulungagung” ini ditulis oleh Eva’atussalamah, NIM. 17205152259, yang dibimbing oleh Dr. Nur Kholis, M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Motivasi Belajar Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Al Hidayah 02 Betak Tulungagung. (2) Untuk mengetahui ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Al Hidayah 02 Betak Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan profesioanal guru terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Al Hidayah 02 Betak Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian Survey Research. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Slovin dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 84 siswa diambil sampel 69 siswa. Metode pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis instrumen (2) analisis uji prasyarat, dan (3) analisis uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dari variabel kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai R^2 = 0,148, artinya kontribusi yang diberikan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar sebesar 15%, sisanya 85% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Adapun Persamaan regresinya adalah Y = 28.721 + 0,156 X_1+0,202X_2. Dari persamaan regresi tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai koefisien kompetensi pedagogik ialah sebesar 0,156 atau 15,6%, artinya setiap peningkatan kompetensi pedagogik sebesar 1, maka motivasi belajar peserta didik akan mengalami peningkatan sebesar 15,6%. Nilai koefisien kompetensi profesional ialah sebesar 0,202 atau 20,2% artinya setiap peningkatan kompetensi profesional sebesar 1, maka motivasi belajar peserta didik akan mengalami peningkatan sebesar 20,2%. Hasil uji F diperoleh F_hitung sebesar 5.733 dengan signifikasi 0,005 kurang dari 0,05 atau 0,005 < 0,05. sehingga H_o ditolak. Jadi dari hasil analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar peseta didik di MI Al- Hidayah 02 Betak Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 17205153259 EVAATUS SALAMAH
Date Deposited: 09 May 2019 02:38
Last Modified: 09 May 2019 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10875

Actions (login required)

View Item View Item