Efektifitas Penggunaan Metode Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Bandung Tahun Pelajaran 2011-2012

Yanuarini, Wulan (2012) Efektifitas Penggunaan Metode Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Bandung Tahun Pelajaran 2011-2012. [ Skripsi ]

[img] Text
Abstrak.docx

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.docx

Download (24kB)
[img] Text
~$BAB IV.docx

Download (162B)
[img] Text
~$BAB V.docx

Download (162B)
[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (217kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (114kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Efektifitas, Metode Penyelesaia Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti untuk mengetahui metode penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang paling sesuai atau yang paling efektif digunakan oleh siswa untuk menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Dalam menentukan himpunan penyelesaian dari Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Pada tingkat lanjutan ada empat metode yang dapat digunakan. Ke empat metode tersebut yaitu metode grafik, metode substitusi, metode eliminasi, dan metode campuran (gabungan antara metode eliminasi dan metode substitusi). Penelitian ini akan dilaksanakan pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Bandung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Metode penyelesaian apa yang paling disukai siswa kelas VIII-C MTs Negeri Bandung tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)? (2) Metode penyelesaian apa yang paling banyak digunakan siswa kelas VIII–C MTs Negeri Bandung tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)? (3) Metode penyelesaian apa yang paling mudah dipahami siswa kelas VIII-C MTs Negeri Bandung tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)? (4)Metode penyelesaian apa yang paling efektif untuk siswa kelas VIII-C MTs Negeri Bandung tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)? Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui metode penyelesaian yang paling disukai siswa kelas VIII-C MTs Negeri Bandung tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). (2) Untuk mengetahui metode penyelesaian yang paling banyak digunakan siswa kelas VIII-C MTs Negeri Bandung kelas tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). (3) Untuk mengetahui metode penyelesaian yang paling mudah dipahami siswa kelas VIII-C MTs Negeri Bandung tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). (4) Untuk mengetahui metode penyelesaian yang paling efektif untuk siswa kelas VIII-C MTs Negeri Bandung tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Bandung khususnya kelas VIII-C. Kelas VIII-C berjumlah 48 siswa yang terdiri atas 22 siswa laki – laki dan 26 siswa perempuan. Teknik pengumpulandata dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, metode dokumentasi, metode tes, dan metode wawanvcara. (1) Metode Observasi digunakan untuk mengamati letak geografis sekolah, bagaimana kondisi sarana dan prasarana. (2) Metode Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data-data berupa sejarah berdirinya MTs Negeri Bandung, struktur organisasi MTs Negeri Bandung, keadaan sarana prasarana MTs Negeri Bandung, keadaan guru dan karyawan MTs Negeri Bandung, keadaan siswa MTs Negeri Bandung. (3) Metode tes digunakan untuk untuk mendapatkan data berupa nilai dan penggunaan metode penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang digunakan siswa dalam menyelesaiakan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). (4) Metode Wawancara digunakan untuk untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam tentang alasan siswa mengenai pemilihan metode penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang digunakan dan menanyakan metode penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang disukai siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dan diperoleh hasil (1) Metode penyelesaian yang paling disukai siswa MTs Negeri Bandung kelas VIII-C tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaa Linear Dua Variabel (SPLDV) adalah metode campuran. (2) Metode penyelesaian yang paling banyak digunakan siswa MTs Negeri Bandung kelas VIII-C tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaa Linear Dua Variabel (SPLDV) adalah metode campuran. (3) Metode penyelesaian yang paling mudah dipahami siswa MTs Negeri Bandung kelas VIII-C tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaa Linear Dua Variabel (SPLDV) adalah metode campuran. (4) Metode penyelesaian yang paling efektif untuk siswa MTs Negeri Bandung kelas VIII-C tahun pelajaran 2011-2012 dalam menyelesaikan Sistem Persamaa Linear Dua Variabel (SPLDV) adalah metode campuran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 06:22
Last Modified: 05 Feb 2015 06:22
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1085

Actions (login required)

View Item View Item