Analisis Kesalahan Siswa Olimpiade MTsN 2 Kediri dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tahapan Newman tahun Akademik 2018/2019

Siti Lailiatul Munawaroh, 17204153045 (2019) Analisis Kesalahan Siswa Olimpiade MTsN 2 Kediri dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tahapan Newman tahun Akademik 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (653kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (802kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (636kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa Olimpiade MTsN 2 Kediri Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Tahapan Newman Tahun Ajaran 2018/2019” Ini ditulis oleh Siti Lailiatul Munawaroh, NIM 17204153045, dosen pembimbing Ummu Sholihah, S.Pd., M. Si., Kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Tahapan Newman. Fenomena banyaknya siswa olimpiade MTsN 2 Kediri yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita secara berulang-ulang dan terus menerus. Sedangkan dalam menyelesaikan soal cerita siswa melalui tahapan-tahapan yang bisa ditinjau dari tahapan Newman, yang mana dapat menganalisis ketika siswa melakukan kesalahan dalam suatu tahap. Adapun tahapan Newman terdiri dari membaca (reading), pemahaman (comprehension), transformasi (transformation), keterampilan proses (skill process) dan penulisan jawaban akhir (encoding). Dalam hal ini perlu adanya penelitian yang menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa Olimpiade MTsN 2 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kesalahan siswa Olimpiade MTsN 2 Kediri tipe belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tahapan Newman. (2) Mendeskripsikan kesalahan siswa Olimpiade MTsN 2 Kediri tipe belajar auditorial dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tahapan Newman. (3)Mendeskripsikan kesalahan siswa Olimpiade MTsN 2 Kediri tipe belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tahapan Newman. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun populasinya adalah siswa olimpiade MTsN 2 Kediri, dengan sampel angket dan tes yang berjumlah 37 dan sampel wawancara sebanyak 6 siswa. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Kesalahan siswa Olimpiade MTsN 2 Kediri tipe belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tahapan Newman melakukan kesalahan yang berbeda-beda namun terjadi pada semua langkah yaitu membaca (reading), memahami (comprehension), transformasi (transformation), keterampilan proses (skill process), penulisan jawaban akhir (encoding). (2) Kesalahan siswa Olimpiade MTsN 2 Kediri tipe belajar auditorial dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tahapan Newman melakukan kesalahan yang berbeda-beda namun terjadi pada semua langkah yaitu membaca (reading), memahami (comprehension), transformasi (transformation), keterampilan proses (skill process), penulisan jawaban akhir (encoding) (3) kesalahan siswa Olimpiade MTsN 2 Kediri tipe belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tahapan Newman hanya melakukan kesalahan membaca (reading), kesalahan transformasi (transformation) dan kesalahan keterampilan proses (skill process)

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153045 SITI LAILIATUL MUNAWAROH
Date Deposited: 08 May 2019 02:51
Last Modified: 08 May 2019 02:51
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10849

Actions (login required)

View Item View Item