PENGARUH KEPRIBADIAN, PENGETAHUAN, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA PENGUSAHA KONVEKSI DI KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG DENGAN PERENCANAAN STRATEGIS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Ahmad Ghozali, 1742143012 (2019) PENGARUH KEPRIBADIAN, PENGETAHUAN, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA PENGUSAHA KONVEKSI DI KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG DENGAN PERENCANAAN STRATEGIS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kepribadian, Pengetahuan, dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha dengan Perencanaan Strategis sebagai variabel moderating (Studi di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Ahmad Ghozali dengan nomor induk mahasiswa (NIM) 1 742143012 jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Tulungagung, dengan pembimbing oleh Sri Dwi Estiningrum, S.E, Ak., M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi masyarakat Indonesia yang menganggur disebabkan oleh lapangan pekerjaan yang ada tidak sebanding dengan tenaga kerja yang banyak, sehingga salah satu solusinya adalah dengan kewirausahaan yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1). Apakah kepribadian berpengaruh terhadap minat berwirausaha? (2). Apakah pengetahuan berpengaruh terhadap minat berwirausaha? (3). Apakah motivasi berpengaruh terhadap minat berwirausaha? (4). Apakah kepribadian, pengetahuan dan motivasi secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha? (5). Apakah perencanaan strategis memperlemah/ memperkuat pengaruh kepribadian terhadap minat berwirausaha? (6). Apakah perencanaan strategis memperlemah/ memperkuat pengaruh pengetahuan terhadap minat berwirausaha? (7). Apakah perencanaan strategis memperlemah/ memperkuat pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuesioner secara langsung. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 responden yang merupakan pengusaha konveksi di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Skala pengukuran yang digunakan yaitu skala likert. Analisis data yang digunakan meliputi : uji kualitas data yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas, autokorelasi, uji normalitas, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis yaitu uji t, uji F, dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepribadian terhadap Minat Berwirausaha. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pengetahuan terhadap Minat Berwirausaha. (3) Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan antara Motivasi terhadap Minat Berwirausaha (4) secara simultan Kepribadian, Pengetahuan dan Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha (5) Perencanaan strategis tidak memoderasi kepribadian terhadap minat berwirausaha (6) Perencanaan strategis memoderasi Pengetahuan terhadap Minat Berwirausaha (7) Perencanaan strategis tidak memoderasi Motivasi terhadap minat berwirausaha Kata kunci : Kepribadian, Pengetahuan, Motivasi, Perencanaan Strategis, Minat Berwirausaha.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1742143012 Ahmad Ghozali
Date Deposited: 08 May 2019 02:35
Last Modified: 08 May 2019 02:35
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10845

Actions (login required)

View Item View Item