PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV)

SULFA CHOIRUN ANISAK, 17204153156 (2019) PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (782kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (473kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengetahuan konseptual dan prosedural Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel” ini ditulis oleh Sulfa Choirun Anisak NIM. 17204153156, Program studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Pengetahuan Konseptual, Prosedural, Penyelesaian Masalah, Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Menyelesaikan masalah matematika diperlukan pengetahuan, yaitu pengetahuan konseptual dan prosedural. Siswa yang memiliki pengetahuan konseptual baik belum tentu memiliki pengetahuan prosedural yang baik pula. Pengetahuan tersebut saling mempengaruhi satu sama lain, untuk itu harus dikuasai oleh siswa agar dapat menyelesaikan persoalan matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengetahuan konseptual dan prosedural siswa dalam kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah sesuai dengan tahapan penyelesaian Polya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan tes dan wawancara untuk menggali data. Penelitian ini menggunakan 6 subjek penelitian yang terdiri 2 subjek kemampuan tinggi, 2 subjek kemampuan sedang dan 2 subjek kemampuan rendah. Pemilihan subjek dilakukan melalui rekomendasi guru mata pelajaran dan mempertimbangkan dari hasil ujian materi SPLTV yang berasal dari guru. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: 1) Subjek kemampuan tinggi memenuhi indikator pengetahuan konseptual yaitu (a) Memahami konsep-konsep matematika, operasi, dan hubungan dan pengetahuan prosedural, (b) Memahami apa yang bisa dianggap contoh dan apa yang tidak bisa dianggap contoh konsep, (c) Mengekspresikan konsep menggunakan simbol, (d) Memodelkan konsep dan menerjemahkannya ke dalam denotasi dan ide, (e) Menyebutkan prinsip-prinsip matematika dan hubungan di antaranya. Pengetahuan prosedural yaitu: (a) Memahami langkah-langkah yang di perlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, (b) Mengurutkan suatu tindakan dalam menyelesaikan masalah, (c) Menerapkan atau menggunakan simbol, keadaan dan proses untuk menyelesaikan masalah matematika, (d) Menjelaskan atau membenarkan satu cara menyelesaikan masalah yang diberikan. 2) Subjek kemampuan sedang memenuhi indikator pengetahuan konseptual yaitu (a) Memahami konsep-konsep matematika, operasi, dan hubungan dan pengetahuan prosedural, (b) Memahami apa yang bisa dianggap contoh dan apa yang tidak bisa dianggap contoh konsep, (c) Memodelkan konsep dan menerjemahkannya ke dalam denotasi dan ide, (d) Menyebutkan prinsip-prinsip matematika dan hubungan di antaranya. Pengetahuan prosedural yaitu memahami langkah-langkah yang di perlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan,dan pengetahuan prosedural. 3) Subjek Kemampuan rendah tidak memenuhi semua indikator pengetahuan konseptual dan pengetahuan procedural.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153156 SULFA CHOIRUN ANISAK
Date Deposited: 08 May 2019 02:10
Last Modified: 08 May 2019 02:10
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10844

Actions (login required)

View Item View Item