STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH di MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR

RACHMAT ARHANIF, 17201153437 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH di MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Mata Pelajaran Fiqih di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Rachmat Arhanif, NIM. 17201153437, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Meningkatkan Kualitas Belajar. 0TPenelitian ini dilatar belakangi oleh 0TStrategi Guru Pendidikan Agama Islam sebagai bagian yang terpenting dari suatu lembaga pendidikan. Oleh karena itu dalam menjalankan peran dan memiliki kompetensi juga merupakan sebagi upaya yang di lakukan, dan setrategi yang tepat itu tentu berpengaruh pada terlaksananya tujuan yang ingin di mencapai tentu disini tujuan yang ingin di capai adalah meningkatkan kualitas belajar siswa 0T. 0TFokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kualiatas belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? (2) bagaimana hambatan strategi guru PAI dalam meningkatkan kualiatas belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar (3) bagaimana dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan kualiatas belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar 0TAdapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk memaparkan strategi guru PAI dalam meningkatkan kualiatas belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (2) untuk memaparkan hambatan strategi guru PAI dalam meningkatkan kualiatas belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (3) untuk0T 0Tmemaparkan dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan kualiatas belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. 0TMetode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang0T 0Tutama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari kepala madrasah, guru0T 0Tkelas dan peserta didik. Prosedur pengumpulan data meliputi : metode observasi, 0T 0Tmetode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yag digunakan0T 0Tadalah analisis deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan0T 0Tmenarik kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data0T 0Tdengan triangulasi sumber dan teori. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) 0Tstrategi guru PAI dalam meningkatkan kualiatas belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar yaitu guru menggunakan strategi deduktif dalam kegiatan pembelajaran, guru selalu memberikan motivasi kepada siswa agar pembelajaran berlangsung menyenangkan, guru menggunakan metode praktek dalam beberapa pertemuankarena metode praktek sangat cocok digunakan dalam mata pelajaran fiqih. (2) hambatan strategi guru PAI dalam meningkatkan kualiatas belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar adalah karakter siswa yang beragam, sikap dan perilaku siswa yang kurang menaati peraturan, minat dan bakat siswa yang berbeda beda, daya serap siswa yang berbeda, siswa yang terlalu pasif dan tidak mau tau, siswa kurang membangun hubungan baik dengan guru, siswa yang hanya ikut ikutan teman-temannya saja . (3) Terkait dengan dampak strategi guru PAI dalam meningkatkan kualiatas belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar adalah sekolah merasakan dampak positif yaitu siswa semaikin mandiri dan bertanggung jawab dengan kewajiban ibadahnya, guru tidak lagi kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran, siswa lebih menaati peraturan sekolah, mendapatkan nilai yang baik dan bertanggung jawab dengan kewajiban beribadah kepadah Allah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153437 RACHMAT ARHANIF
Date Deposited: 08 May 2019 06:32
Last Modified: 08 May 2019 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10832

Actions (login required)

View Item View Item