KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA OLIMPIADE PADA PELAJARAN TRIGONOMETRI MAN 3 BLITAR

NITA SETIYANINGRUM, 17204153144 (2019) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA OLIMPIADE PADA PELAJARAN TRIGONOMETRI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (548kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Oimpiade pada Pelajaran Trigonometri MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Nita Setiyaningrum, NIM.17204153144, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Siswa Olimpiade, Trigonometri Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan yang sangat penting, karena setiap hari orang atau kelompok sudah tentu melakukan komunikasi untuk melakukan interaksi. Hal ini juga terjadi dalam proses pembelajaran matematika, dalam pembelajaran matematika setiap peserta didik dengan guru atau peserta didik lainnya melakukan kegiatan komunikasi, yang disebut dengan komunikasi matematis. Kegiatan siswa dalam menyelesaikan soal-soal juga merupakan kemampuan yang dimiliki masing-masing siswa. Kemampuan yang dimiliki oleh siswa yang mengikuti olimpiade tentunya berbeda dengan siswa yang belum pernah mengikuti olimpiade, hal ini dikarenakan siswa olimpiae sering mengerjakan soal-soal abstrak. Selain dilihat dari kemampuan siswa olimpiade diperhatikan juga gender, perbedaan gender juga sudah menjadi sorotan sejak dahulu. Perbedaan komunikasi matematis siswa olimpiade bergender laki-laki dan perempuan tersebut juga dijumpai pada siswa olimpiade dari MAN 3 Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa olimpiade kelas XI bergender perempuan dalam menyelesaikan soal Trigonometri, (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa olimpiade kelas XI bergender laki-laki dalam menyelesaikan soal Trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MAN 3 Blitar dan subjek Penelitian adalah siswa olimpiade kelas XI MAN 3 Blitar. Data dalam penelitian ini berasal dari tes dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa olimpiade kelas XI MIA I dengan siswa perempuan 2 dan siswa laki laki 1, dan siswa olimpiade kelas XI MIA II dengan jumlah siswa laki-laki 1. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa olimpiade yang bergender laki-laki dan perempuan berbeda. Kemampuan siswa olimpiade laki-laki dan perempuan terdapat kesamaan yaitu mampu mengekspresikan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan, dan mendemosntrasikannya serta menggambarkannya secara visual dan mampu dalam menggunakan sitilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide, menggambarkan hubungan-hubungan dengan model-model situasi. Perbedaankemampuan siswa olimpiade laki-laki dan perempuan yaitu pada kemampuan dalam memahami menginterpretsikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan, tulisan, maupun dalam bentuk visual lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153144 NITA SETIYANINGRUM
Date Deposited: 07 May 2019 07:11
Last Modified: 07 May 2019 07:11
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10823

Actions (login required)

View Item View Item