IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER KELAS VIII MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

LINA AFIFATUS SARIROH, 17204153181 (2019) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER KELAS VIII MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (720kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Identifikasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras Ditinjau dari Perbedaan Gender Kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Lina Afifatus Sariroh, NIM. 17204153181, pembimbing Dr. Sutopo, M. Pd. Kata Kunci: Koneksi Matematis, Teorema Pythagoras, Gender Setiap lembaga pendidikan terutama pendidikan formal seperti SMP pasti membekali semua siswanya dengan pelajaran matematika. Namun, banyak orang tua menganggap bahwa anak yang pintar dalam pelajaran matematika maka anak tersebut dikatakan cerdas, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu pemerintah mengadakan olimpiade matematika untuk mengevaluasi hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba untuk menggali informasi tentang koneksi matematis siswa di MTs Al Huda Bandung dengan fokus penelitian: (1) bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal teorema Pythagoras?, (2) bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa perempuan dalam menyelesaikan soal teorema Pythagoras?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kelas VIII A MTs Al-Huda Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan terdiri dari 3 soal sesuai indikator koneksi matematis serta wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan koneksi matematis siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal teorema Pythagoras adalah mencari hubungan berbagai konsep dan prosedur, memahami hubungan antar topik matematika, memahami representasi ekuivalen suatu konsep, mencari hubungan suatu prosedur dengan prosedur lain dalam representasi yang ekuivalen, menyelesaikan masalah dengan menggunakan grafik, hitungan numerik, aljabar dan representasi verbal, mengenali dan menggunakan hubungan antar ide-ide matematika, memahami bagaimana ide-ide matematika saling berhubungan dan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan kesatuan yang utuh serta mengenali dan mengaplikasikan matematika ke dalam konteks di luar matematika, (2) Kemampuan koneksi matematis siswa perempuan dalam menyelesaikan soal teorema Pythagoras adalah mengenali dan menggunakan hubungan antar ide-ide matematika serta mengenali dan mengaplikasikan matematika ke dalam konteks di luar matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153181 LINA AFIFATUS SARIROH
Date Deposited: 07 May 2019 07:12
Last Modified: 07 May 2019 07:12
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item