KEYAKINAN MATEMATIS SISWA KELAS X IPS 3 MAN 1 TRENGGALEK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV)

DEWI AMALIA KHUSNA, 172041531 67 (2019) KEYAKINAN MATEMATIS SISWA KELAS X IPS 3 MAN 1 TRENGGALEK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (755kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Keyakinan Matematis Siswa Kelas X IPS 3 MAN 1 Trenggalek dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)” ini ditulis oleh Dewi Amalia Khusna, NIM. 17204153167, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maryono, M. Pd. Kata Kunci: Keyakinan Matematis, Menyelesaikan Masalah, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kognitif, afektif, dan psikomotor merupakan kemapuan dasar yang dimiliki oleh setiap siswa, dan mengalami perkembangan seiring dengan proses belajar. Namun, kecepatan perkembangan kemampuan setiap siswa tidaklah sama. Salah satu aspek dalam kemampuan afektif adalah keyakinan. Keyakinan yang dimiliki oleh siswa akan berpengaruh pada bagaimana cara siswa bersikap, berfikir, dan menilai suatu objek, dalam hal ini matematika. Keyakinan matematis yang ada pada diri siswa secara tidak langsung akan membantu siswa menyelesaikan masalah matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan keyakinan matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan tingkat kemampuan matematika yang dimilikinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes SPLTV, dan wawancara. Pemberian tes SPLTV dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana keyakinan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi SPLTV. Penelitian ini mengambil 6 siswa sebagai subjek penelitian, dimana 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat diketahui dari ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keyakinan matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi berada pada level positif, artinya siswa memiliki keyakinan tentang matematika, tentang diri sendiri, dan tentang konteks sosial yang baik dalam menyelesaikan masalah matematika, 2) keyakinan matematis siswa dengan kemampuan matematika sedang berada pada level netral, artinya siswa memiliki keyakinan tentang matematika, tentang diri sendiri, dan tentang konteks sosial yang cukup baik dalam menyelesaikan masalah matematika, 3) keyakinan matematis siswa dengan kemampuan matematika rendah berada pada level negatif, artinya siswa memiliki keyakinan tentang matematika, tentang diri, serta keyakinan tentang konteks sosial yang kurang dalam menyelesaikan masalah matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 172041531 67 DEWI AMALIA KHUSNA
Date Deposited: 07 May 2019 07:10
Last Modified: 07 May 2019 07:10
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/10817

Actions (login required)

View Item View Item