PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN BERIBADAH PESERTA DIDIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS AL ISTIGHOTsAH TAHUN AJARAN 2018/2019

ELVINA NUR SHAHARA, 17205153114 (2019) PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KEDISIPLINAN BERIBADAH PESERTA DIDIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS AL ISTIGHOTsAH TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (941kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Elvina Nur Shahara. 17205153114. Pengaruh Bimbingan Konseling terhadap Kedisiplinan Beribadah Peserta Didik di MI Plus AL Istighotsah. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag. Kata Kunci : Bimbingan Konseling, Kedisiplinan Beribadah Shalat Berjamaah, dan Kedisiplinan Beribadah Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan mengenai kurangnya tingkat kedisiplinan peserta didik dalam beribadah khususnya shalat berjamaah dan membaca Al-Qur’an. Bimbingan konseling merupakan bimbingan yang didalamnya terdapat motivasi dan dorongan dalam hal kebaikan. Shalat berjamaah merupakan shalat yang dilakukan secara berjamaah di rumah maupun di masjid. Membaca Al-Quran merupakan mengamalkan Al-Quran dan mendalami isinya. Sehingga dengan bimbingan konseling, akan memberi pengaruh pada peningkatan kedisiplinan beribadah shalat berjamaah dan membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain (1) Adakah pengaruh bimbingan konseling terhadap kedisiplinan shalat berjamaah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Istighotsah Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? (2) Adakah pengaruh bimbingan konseling terhadap kedisiplinan membaca Al-Qur’an peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Istighotsah Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama antara bimbingan konseling terhadap kedisiplinan shalat berjamaah dan kedisiplinan membaca Al-Qur’an peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Istighotsah Tulungagung tahun ajaran 2018/2019?. Tujuan dari penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan konseling terhadap kedisiplinan shalat berjamaah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Istighotsah Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan konseling terhadap kedisiplinan membaca Al-Qur’an peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Istighotsah Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara bimbingan konseling terhadap kedisiplinan shalat berjamaah dan kedisiplinan membaca Al-Qur’an peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Istighotsah Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 27 siswa. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang siginifikan bimbingan konseling terhadap kedisiplinan shalat berjamaah di MI Plus Al Istighotsah Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai P Value 0,003 dan memberikan harga F sebesar 9,846 dengan nilai signifikansi < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Ada pengaruh yang siginifikan bimbingan konseling terhadap kedisiplinan membaca Al-Qur’an di MI Plus Al Istighotsah Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai P Value 0,017 dan memberikan harga F sebesar 8,078 dengan nilai signifikansi < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Ada pengaruh yang siginifikan antara bimbingan konseling berpengaruh terhadap kedisiplinan shalat berjamaah dan membaca Al-Qur’an di MI Plus Al Istighotsah Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai 0,003 untuk shalat berjamaah dan 0,017 untuk membaca Al-Qur’an. Maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153114 Elvina Nur Shahara
Date Deposited: 14 May 2019 02:52
Last Modified: 30 Mar 2020 09:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10814

Actions (login required)

View Item View Item